Bakal Seru, Kompas.com Gelar Acara Jejak Pendaki Semeru

Kompas.com - 15/09/2019, 10:50 WIB
berkemah di Danau Ranu Kumbolo, Gunung Semeru, Lumajang, Jawa Timur, Selasa (15/11/2011). Ranu atau danau terbentuk di kawah Gunung Jambangan yang memadat. Danau ini menjadi tempat persinggahan para pendaki sebelum ke puncak Gunung Semeru. KOMPAS IMAGES / FIKRIA HIDAYATberkemah di Danau Ranu Kumbolo, Gunung Semeru, Lumajang, Jawa Timur, Selasa (15/11/2011). Ranu atau danau terbentuk di kawah Gunung Jambangan yang memadat. Danau ini menjadi tempat persinggahan para pendaki sebelum ke puncak Gunung Semeru.

JAKARTA, KOMPAS.comKompas.com bekerja sama dengan Kerabat Pencinta Alam dan Mahasiswa Pencinta Alam Universitas Indonesia (Mapala UI) menyelenggarakan kegiatan bertajuk " Jejak Pendaki Semeru".

Kegiatan ini berlangsung pada 15-22 September 2019. Dalam kegiatan Jejak Pendaki Semeru, tim Kompas.com akan melakukan pendakian ke Gunung Semeru

Tak hanya pendakian, kegiatan juga termasuk bakti sosial lingkungan dan Malam Renungan Jejak Pendaki Semeru yang berlangsung di Desa Ranupani, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

“Jejak Pendaki Semeru merupakan salah satu acara untuk mengakrabkan solidaritas pencinta alam di Indonesia. Tahun ini juga bertepatan dengan 50 tahun kematian Soe Hok-Gie dan juga berpulangnya senior kami, wartawan Harian Kompas, Rudy Badil,” kata Penanggung Jawab Jejak Pendaki Semeru Kompas.com, Aris F Harvenda saat flag off ceremony di kantor Kompas.com, Jakarta, Jumat (13/9/2019).

Menurut Aris, Jejak Pendaki Semeru juga menjadi kegiatan yang meneruskan semangat Rudy Badil untuk melakukan peringatan 50 Tahun Soe Hok-Gie.

Namun, sebelum rencana Rudy Badil terlaksana, ia tutup usia pada Kamis (11/7) di Rumah Sakit Dharmais, Jakarta.

Tim Jejak Pendaki SemeruKompas.com/Wahyu Adityo Prodjo Tim Jejak Pendaki Semeru

“Selain itu, kegiatan ini didasari tujuan untuk menguatkan kata pencinta alam sendiri. Sekarang ada beberapa oknum pencinta alam tak mendaki benar-benar menjaga, misal buang sampah sembarang. Semoga kegiatan ini bisa memaknai pencinta alam sesungguhnya,” tambahnya.

Perjalanan napak tilas akan dimulai dari Jakarta menuju ke Gunung Semeru hingga ke Puncak Mahameru, yang akan didokumentasikan oleh tim Kompas.com. Kegiatan pendakian Gunung Semeru akan dilakukan pada tanggal 18-20 September 2019.

Bakti sosial bertema lingkungan terdiri kegiatan penyuluhan pengelolaan sampah dan memanfaatkan kembali sampah plastik menjadi barang yang bernilai ekonomis. Bakti sosial akan dilaksanakan pada Rabu (18/9).

Sementara, acara Malam Renungan Jejak Pendaki Semeru yang meliputi doa bersama untuk Soe Hok-Gie, Rudy Badil, dan rekan-rekan pencinta alam lainnya akan dilaksanakan di Desa Ranupani pada Jumat (20/9/2019).

Halaman:
Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X