KILAS

Dibutuhkan Komitmen Semua Pihak Agar Pariwisata Maratua Mendunia

Kompas.com - 16/09/2019, 11:01 WIB
Keindahan Pulau Maratua, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur Dok. Humas Kementerian PariwisataKeindahan Pulau Maratua, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur

KOMPAS.com – Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kementerian Pariwisata (Kemenpa) Rizki Handayani mengatakan, untuk mempromosikan wisata Pulau Maratua, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur (Kaltim) dibutuhkan komitmen dari seluruh pihak terkait.

Menurutnya, promosi tersebut tidak bisa dilakukan sepihak, tapi harus dibarengi dengan semangat Indonesia incorporated.

“Untuk mempromosikan wisata Pulau Maratua agar dikenal dunia luar dibutuhkan komitmen kepala daerah dan instansi terkait, seperti Dinas Pariwisata Kaltim dan Dinas Pariwisata Kabupaten Berau,” ucapnya, Minggu (15/9/2019).

Rizki menegaskan, semua pihak harus benar-benar serius untuk mengembangkan potensi wisata Maratua agar semakin mendunia. Caranya dengan menjaga ekosistem laut, ekosistem darat, dan budayanya.

Baca juga: Blibli.com Dukung Kemenpar Promosikan Destinasi Pariwisata Prioritas

Salah satu cara mempromosikannya, terang Rizki, dengan menggelar ajang Maratua Jazz & Dive Fiesta secara konsisten setiap tahun. Pasalnya, dengan lokasi yang eksotis, ajang ini dianggap mampu mempromosikan pariwisata Maratua.

“Kami berharap Maratua Jazz & Dive Fiesta bisa dilaksanakan setiap tahun. Tujuanya agar dunia luar mengenal bahwa Pulau Maratua adalah surga tersembunyi. Sekaligus mempertegas Maratua sebagai Maldives-nya Indonesia,” papar Rizki.

Tak hanya itu, menurutnya, Maratua Jazz & Dive Fiesta memiliki keunggulan dan beda dari event lain. Misalnya, konser jazz di tengah laut yang dipadu aktivitas diving. Ada juga program terbaru bertajuk sunrise concert.

“Kegiatan Jazz Maratua ini salah satu event untuk mempromosikan destinasi wisata. Maratua itu sudah mengangkat destinasinya, dan jazz-nya sebagai sarana mempromosikannya. Kami berharap wisata Maratua mendunia,” terangnya.

Baca juga: Perpaduan Apik Musik Jazz dan Matahari Terbit di MJDF 2019

Dukungan serupa disampaikan Kabid Pemasaran Dinas Pariwisata Kaltim M Irvan Rivai. Dia mengapresiasi upaya panitia penyelenggara festival Maratua Jazz & Dive Fiesta 2019, yang telah memperhatikan pulau terluar di Indonesia itu.

“Pada prinsipnya kami sangat mendukung termasuk gagasan dari teman-teman non pemerintah, sehingga menjadi perhatian baik nasional maupun internasional,” ucap Irvan dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Senin (16/9/2019).

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X