Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/09/2019, 11:00 WIB
Yana Gabriella Wijaya,
Silvita Agmasari

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Papua Barat berupaya mendatangkan wisatawan mancanegara lewat dua acara pariwisata unggulan. Sebagai wisata bahari kelas dunia, dua acara pariwisata unggulan dari Papua Barat yaitu Festival Seni Budaya Papua Barat dan Festival Pesona Bahari Raja Ampat masuk dalam 100 Wonderful Event Indonesia.

Baca juga: 10 Destinasi Wisata Terindah di Asia, Salah Satunya Raja Ampat

“Festival Seni Budaya Papua Barat tahun ini masuk dalam 100 Calender of Event Wonderful Indonesia, sehingga Provinsi Papua Barat kini memiliki dua event pariwisata tingkat nasional," kata Menteri Pariwisata Arief Yahya dalam acara Peluncuran Festival Seni Budaya Papua Barat dan Festival Pesona Bahari Raja Ampat 2019, di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Selasa (17/9/2019).

Penyelenggaraan Festival Seni Budaya Papua Barat akan berlangsung di Manokwari pada 7-11 Oktober 2019.

Acara ini terhitung sudah enam kali dilaksanakan. Tahun ini Festival Seni Budaya akan diisi berbagai lomba tari kreasi baru, lomba musik tradisional, lomba folksong, body painting,dan lomba tari pergaulan yosim pancar.

Festival Ayo Makan Ikan yang diselenggarakan bersamaan dengan Festival Bahari Raja Ampat 2017. Ratusan warga menyantap ikan yang dibakar sepanjang 70 meter.KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Festival Ayo Makan Ikan yang diselenggarakan bersamaan dengan Festival Bahari Raja Ampat 2017. Ratusan warga menyantap ikan yang dibakar sepanjang 70 meter.

Ada juga lomba kuliner khas Papua Barat, pameran benda- benda budaya (hasil kerajinan tangan khas Papua Barat).

Sementara itu penyelenggaraan Festival Pesona Bahari Raja Ampat akan berlangsung di Pantai Waisai Torang Cinta (WTC) Raja Ampat dari 18-22 Oktober 2019. 

Baca juga: Kini Semakin Mudah ke Raja Ampat dan Gili Trawangan, Airasia Buka Rute ke Sorong, Semarang dan Lombok

Dengan mengangkat tema 'Exotic Raja Ampat, From Ridge to Reef' akan menampilkan berbagai kegiatan, antara lain Wild Life (mengenal lebih dekat flora dan fauna Raja Ampat), Water Activities (snorkling, diving), Island Hopping (mengunjungi pulau Piyainemo dan Kepulauan Fam), dan rangkaian acara pembukaan dan penutupan Festival Pesona Bahari Raja Ampat dengan menampilkan kesenian, budaya, produk ekonomi kreatif, dll.  

Wakil Gubernur Papua Barat Mohamad Lakotani dalam acara yang sama mengatakan saat ini Papua Barat 100 persen kondusif dikunjungi wisatawan.

Ia berharap dengan penyelenggaraan dua festival ini mampu mendongkrak kunjungan wisatawan yang sempat menurun pasca kerusuhan Agustus lalu. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com