Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/09/2019, 14:18 WIB
Silvita Agmasari,
Ni Luh Made Pertiwi F.

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Rendang jadi salah satu lauk bintang di rumah makan khas Padang atau Minang. Rendang yang lezat dan dimasak dengan tepat mampu membuat tamu rumah makan terus kembali.

Baca juga: Ternyata Rendang Asli Indonesia Ada yang Crispy!

Di Jakarta, ada beberapa rumah makan khas Minang yang terkenal dengan sajian rendangnya. Dari rumah makan yang menang kontes membuat rendang, rumah makan legendaris, sampai rumah makan yang punya slogan sendiri untuk rendang.

Tentunya rumah makan berikut juga terbilang menyajikan rendang yang otentik. Mengingat perantau Minang di Jakarta ada banyak dan mereka jeli membedakan antara rendang atau kalio. Berikut adalah tiga rumah makan khas Minang di Jakarta yang terkenal dengan rendangnya:

1. RM Simay

Jika mencari rendang di Jakarta, datangkah ke RM Simay milik Hj Meyyulis. Perempuan yang akrab disapa Bu May ini mulai merintis usaha makanan Minang pada 1980-1981 di daerah Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Puncaknya pada 2011, Bu May menjadi Juara 1 Festival Masakan Khas Minang yang digelar UPTD Anjungan Sumbar TMII.

Baca juga: Rendang Ayam Crispy Ramai Diperbincangkan, Sebenarnya Apa Itu Rendang?

"Waktu itu yang ikut kompetisi ada 100 orang, termasuk Sederhana dan Simpang Raya. Alhamdulillah juara pertama," kata Bu May kepada Kompas.com

Pada 2012, Bu May menjuarai Festival Rendang Padang "Rendang Mendunia" yang digelar di Taman Budaya Sumbar, Kota Padang. Bu May menjadi pemenang "Terbaik Kategori Rang Rantau" mewakili DKI Jakarta.

Rendang buatan Bu May punya ciri khas tersendiri, yakni menggunakan daging 'kelapa' pada sapi. 'Kelapa' merupakan bagian daging sapi yang berasal dari paha belakang bagian atas.

Baca juga: Rendang Begitu Istimewa, Apa Alasannya?

 

Terkenal sulit diolah, tetapi di tangan Bu May daging ini jadi rendang yang lezat. Punya tekstur yang tak hancur dan bumbu meresap sempurna.

RM Simay berlokasi di empat tempat yakni di Jalan Palmerah Barat, Jalan Palmerah Utara, Jalan Kebon Jati, dan Jalan Pasar Tanah Abang. Semua di Jakarta Pusat.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com