Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/09/2019, 20:05 WIB
Nicholas Ryan Aditya,
Ni Luh Made Pertiwi F.

Tim Redaksi

Sumber CNN Travel

KOMPAS.com – Seperti banyak atraksi dunia yang paling terkenal, Taj Mahal India telah mengatasi efek overtourism. Namun, solusi terbaru untuk mengelola kerumunan di ikon India ini adalah tentang bagaimana mengontrol kerumunan.

Pejabat untuk Pariwisata di Agra, kota tempat Taj Mahal berdiri, mengumumkan bahwa situs itu akan terbuka pada malam bulan purnama setiap bulan, kecuali Ramadhan, serta untuk dua malam pada setiap akhir malam bulan purnama. Totalnya lima malam per bulan.

Baca juga: Sekarang, Wisatawan Cuma Boleh di Taj Mahal Selama 3 Jam

Saat ini, Taj Mahal buka untuk umum dari matahari terbit sampai matahari terbenam setiap hari kecuali hari Jumat.

Langkah baru ini akan memberikan kesempatan tambahan bagi pengunjung untuk menjelajahi Taj Mahal, yang telah terdaftar dalam Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1983 ini.

Selain dapat mengakomodasi lebih banyak pengunjung dengan cara membuka pada malam tertentu, pengunjung juga akan berkesempatan untuk melihat sisi yang berbeda dari Taj yang bermandikan cahaya bulan dan mengimbangi marmer putih.

Taj  Mahal dibangun pada masa Sultan Mugha Shah Jahan pada abad ke-17. Taj Mahal lalu dianggap sebagai salah satu atraksi terkemuka di dunia dan merupakan obyek wisata yang paling banyak dikunjungi di seluruh India.

Namun, ini bukan pertama kalinya perubahan di Taj Mahal terjadi untuk menghadapi overtourism. Pada bulan Desember 2018, harga tiket naik dari 50 Rupee (70 sen) ke 250 Rupee untuk warga India dan 1100 Rupee, dengan tambahan 200 Rupee untuk mengunjungi makam utama, diperuntukkan wisatawan asing.

Baca juga: Di Malang, Ada Masjid yang Disebut Mirip Taj Mahal

Wisatawan juga tetap dibatasi waktu berkunjung yaitu hanya selama tiga jam untuk mengunjungi ikon landmark India ini dalam rangka membantu mengontrol kerumunan.

Agar dapat memesan tiket untuk malam bulan purnama, wisatawan harus menghubungi kantor arkeologi survei India di 22 Mall Road di Agra atau melalui telepon di +91 562 222 7261.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber CNN Travel
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com