20 Bandara Tersibuk di Dunia, Indonesia Urutan Berapa?

Kompas.com - 19/09/2019, 10:18 WIB
Hartsfield-Jackson Atlanta International Airport yang terletak di Atlanta, Georgia adalah bandara penumpang tersibuk di dunia, menangani lebih dari 107 juta penumpang pada 2018 Dok.CNN TravelHartsfield-Jackson Atlanta International Airport yang terletak di Atlanta, Georgia adalah bandara penumpang tersibuk di dunia, menangani lebih dari 107 juta penumpang pada 2018

KOMPAS.com - Lebih dari 107 juta penumpang terbang melalui Bandara Internasional Hartsfield-Jackson Atlanta tahun lalu. Hal ini menjadikan bandara tersebut sebagai bandara tersibuk di dunia selama 21 tahun berturut-turut.

Hartsfield-Jackson Atlanta diprediksi mengalami peningkatan sebesar 3,3 persen dalam lalu lintas penumpang.

Baca juga: Bandara NYIA Siap Melayani Penerbangan Internasional Tahun Depan

Menurut data dari Airport Council Internasional, lalu lintas penumpang meningkat menjadi 8,8 miliar tahun lalu dengan persentase peningkatan sebesar 6,4 persen. Sementara pengiriman kargo udara meningkat 3,4 persen.

“Laporan lalu lintas bandara dunia menunjukkan bahwa meskipun bandara yang lebih kecil di seluruh dunia terus membuat keuntungan yang kuat, bandara hub terbesar terus tumbuh," kata Direktur Jenderal ACI World Angela Gittens dilansir dari CNN Travel.

Baca juga: Dilarang Beli Tiket Tapi Sengaja Tidak Terbang di Bandara Changi, Bagaimana Indonesia?

Bandara Atlanta terus mendominasi pasar penumpang karena statusnya sebagai bandara penghubung maskapai penerbangan dan jalur ekspor-impor terbesar di Amerika Utara.

Bandara ini mendominasi 80 persen penerbangan pendek di Amerika yang berpopulasi 300 juta jiwa.

Bandara Internasional BeijingPixabay/Gauh_603424 Bandara Internasional Beijing

Posisi kedua dipegang oleh Bandara Internasional Ibukota Beijing. Jumlah penguna bandara melewati 101 juta penumpang pada tahun 2018 dengan pertumbuhan sebesar 5,4 persen.

Baca juga: Daftar 10 Bandara Dunia Terbaik untuk Pejalan Bisnis

Di tempat ketiga, ada Bandara Dubai menangani 89 juta penumpang dengan peningkatan sebesar 1 persen. Namun, bandara Dubai memegang predikat sebagai bandara dengan jumlah penumpang mancanegara terbesar di dunia.

Bandara internasional Dubai.MARWAN NAAMANI / AFP Bandara internasional Dubai.

Bandara Internasional O'Hare Chicago membuat Atlanta keluar dari posisi pertama sebagai bandara dengan penerbangan terbanyak. O'Hare menangani hampir 904.000 penerbangan pada 2018.

Jumlah ini disusul dengan Bandara Atlanta yang menangani lebih dari 895.000 penerbangan, dan Bandara Internasional Los Angeles yang menangani hampir 708.000 penerbangan.

Bandara Internasional Hong KongKOMPAS.com/AMBARANIE NADIA KEMALA M Bandara Internasional Hong Kong
Sementara itu, Hong Kong tetap menjadi bandara kargo terbesar. Bandara ini menangani lebih dari 5,1 juta metrik ton kargo pada tahun 2018 dengan peningkatan sebesar 1,5 persen dari tahun sebelumnya.

Selanjutnya diikuti oleh Bandara Internasional Memphis (Tennessee, Amerika Serikat) dan Bandara Internasional Shanghai Pudong di Tiongkok.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber CNN Travel
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X