Pertama di Indonesia, Budidaya Ubur-ubur Kini Hadir di Sea World

Kompas.com - 19/09/2019, 13:40 WIB
Ubur-ubur di Sea World Ancol. Sea World AncolUbur-ubur di Sea World Ancol.


JAKARTA, KOMPAS.com - Sea World Ancol sebagai destinasi wisata kelautan yang mengedepankan edukasi, membuat terobosan baru. Mereka memperkenalkan tempat wisata pertama di Indonesia yang berhasil mengembangbiakan ubur-ubur.

“Kami menjamin bahwa Sea World Ancol merupakan tempat budidaya ubur-ubur pertama yang ada di Indonesia,” ujar VP Sea World & Ocean Dream Samudra, Rika Sudranto di Museum Sea World Ancol, Jakarta, Rabu (18/09/2019).

Baca juga: Tenggelam Bersama Ribuan Ubur-ubur di Danau Kakaban...

Pada mulanya, Sea World Ancol hanya memelihara ubur-ubur yang ditangkap dari habitatnya. Namun usia ubur-ubur tidak bisa bertahan terlalu lama.

Sea World Ancol kemudian memutuskan untuk mengembangbiakan ubur-ubur sehingga tidak lagi mengambil ubur-ubur dari habitat aslinya.

“Awalnya kita mulai dari akuarium ubur-ubur, akuarium ini sendiri baru launching 2018 lalu. Tahun 2018 itu Sea World Ancol belum banyak pengetahuan bagaimana memelihara ubur-ubur, kami belajar memelihara ubur-ubur,” jelas Rika Sudranto.

Ia menambahkan, upaya ini bertujuan untuk tidak menganggu ekosistem di alam, tetapi masyarakat dapat selalu melihat ubur-ubut di akuarium Sea World Ancol.

Ubur-ubur di Sea World AncolDok. Sea World Ancol Ubur-ubur di Sea World Ancol

“Dengan membudidayakan ubur-ubur kita bisa menampilkannya nanti di akuarium Sea World. Umur ubur-ubur tidak panjang, pasti hanya sampai 1 tahun," kata Rika.

"Kami tidak mau kalau terus mengambil dari habitatnya. Kami di sini menjamin ubur-ubur yang ada di Sea World Ancol sepanjang tahun dapat dilihat berkat budidaya ubur-ubur,” tambahnya.

Baca juga: Yang Baru dari Ancol, Pertunjukan Cahaya sampai Akuarium Ubur-ubur

Jenis ubur-ubur yang telah berhasil dibudidayakan di Sea World Ancol adalah jenis Moon Jelly dan Up Side Down.

“Yang pertama itu ubur-ubur jenis Moon Jelly dan Up Side Down, dari kedua jenis ubur-ubur ini yang kita budidayakan. Saat ini yang berhasil berkembang biak adalah jenis itu,” ungkap Rika Sudranto.

Untuk melihat koleksi ubur-ubur dan binatang laut lainnya, kamu dapat mengunjungi Sea World Ancol. Sea World Ancol berada di dalam kawasan Ancol Taman Impian, Jakarta Utara.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X