Kebakaran di Arcopodo, Pendaki Dibatasi Hanya Sampai Ranu Kumbolo

Kompas.com - 19/09/2019, 13:54 WIB
Puncak Mahameru Gunung Semeru dilihat dari Pos Kalimati. KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYAPuncak Mahameru Gunung Semeru dilihat dari Pos Kalimati.

LUMAJANG, KOMPAS.com – Kebakaran hutan terjadi di Resor Pengelolaan Taman Nasional (RPTN) Ranupani kawasan Gunung Semeru, Lumajang, Jawa Timur. Kebakaran sudah terjadi sejak Selasa (17/9/2019) hingga Rabu 18 September 2019.

Kebakaran terjadi di tiga blok yang mana merupakan jalur pendakian Gunung Semeru yaitu blok Kelik, Arcopodo, dan Sumber Mani.

Kepala Resor Ranupani, Susion mengatakan bahwa kebakaran ini juga menghambat para pendaki untuk sampai ke Puncak Mahameru.

“Pendakian sudah disterilkan, mulai tanggal 17 pagi, Kalimati steril. Semua pendaki diberikan batas aman sampai Ranukumbolo,” kata Susion kepada Kompas.com, Kamis (19/9/2019).

Baca juga: Berencana Mendaki Gunung Semeru? Perhatikan 5 Hal Ini

Menurut Susion, pada Rabu (18/9/2019) malam, kebakaran telah berhasil dipadamkan oleh petugas. Namun pada Kamis (19/9/2019) pukul 07.00 WIB, kebakaran kembali terjadi di Kalimati.

“Mungkin loncatan api dari yang kemarin, tapi saat ini petugas masih dikerahkan untuk memantau dari Jambangan,” jelas Susion.

Selain itu, untuk pendakian ke arah Kalimati, pendaki tidak bisa membuat camping ground atau tenda, dikarenakan masih steril sejak Selasa (17/9/2019).

Baca juga: 7 Fakta Menarik tentang Gunung Semeru yang Wajib Diketahui

Menurut Susion, para petugas pemadam terus berupaya untuk memadamkan api dengan menggunakan gepyok dan jetshooter. Namun, dikarenakan medan yang cukup sulit, berbukit dan terjal, petugas dan tim tetap mengutamakan keselamatan.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X