5 Tempat Wisata di Brunei Darussalam, Pernah Dengar?

Kompas.com - 20/09/2019, 21:00 WIB
Masjid Omar Ali Saifuddien. Dok. Lonely PlanetMasjid Omar Ali Saifuddien.

 

JAKARTA,KOMPAS.com - Brunei Darussalam selama ini terkenal sebagai negara yang kaya akan minyak. Sangat sedikit orang yang mengetahaui wisata di Brunei Darussalam dan memiliki rencana untuk berkunjung ke sana.

Negara ini terletak di pantai utara Kalimantan, lokasinya dekat dengan Malaysia sehingga membuatnya menjadi tempat yang strategis untuk liburan. 

Sebagian besar tur Brunei berpusat di sekitar ibu kota Bandar Seri Begawan. Untuk kamu yang ingin pergi ke Brunei, situs wisata luar negeri LonelyPlanet merangkum 5 tempat wisata populer di Brunei Darusallam:

1. Masjid Omar Ali Saifuddien

Rampung pada tahun 1958, Masjid Omar Ali Saifuddien dinamai dengan nama dari Sultan Brunei ke-28.

Masjid ini dikelilingi oleh laguna buatan yang berfungsi sebagai kolam refleksi. Masjid ini terkenal dengan interiornya cukup mewah, lantai dan dindingnya terbuat dari marmer Italia terbaik, lampu gantungnya dibuat di Inggris dan karpet mewah diterbangkan dari Arab Saudi.

Mosaik kaca berukuran 3,5 juta lembar yang menutupi daun emas asli menutupi kubah utama.

Menara masjid setinggi 52m menjadikannya bangunan tertinggi di pusat kota Brunei. Perahu batu upacara yang duduk di laguna adalah replika mahligai abad ke-16 tempat diadakannya lomba membaca Al-Quran.

Orang-orang asli Brunei akan datang untuk berdoa, lalu berjalan-jalan di sepanjang tepi laut, di sekitar air mancur yang diterangi dan pohon-pohon baobab, atau berjalan di sepanjang jembatan penyeberangan di seberang Sungai Kedayan.

Museum Royal RegaliaLONELYPLANET Museum Royal Regalia

2. Museum Royal Regalia 

Ketika diminta untuk memberikan hadiah kepada sultan Brunei, kamu pasti menghadapi pertanyaan: apa yang akan kamu berikan kepada seorang pria yang memiliki segalanya?

Di museum ini kamu dapat melihat bagaimana beberapa kepala negara telah memecahkan teka-teki ini. Pasalnya museum ini berisikan hadiah-hadiah yang diberikan para kepala negara kepada sultan Brunei.

Disini kamu dapat melihat model perak Angkor Wat (Kamboja), pin perak berbentuk Nazca (Peru) dan model Masjid Agung Mekah yang terbuat dari logam dan batu mulia (Arab Saudi).

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X