KILAS

Homepod, Solusi Kemenpar Tingkatkan Jumlah Amenitas di Labuan Bajo

Kompas.com - 21/09/2019, 13:08 WIB
Kemenpar merealisasikan nomadic amenities homepod di Desa Wisata Liang Ndara, Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, Jumat (20/9/2019). Dok. Humas KemenparKemenpar merealisasikan nomadic amenities homepod di Desa Wisata Liang Ndara, Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, Jumat (20/9/2019).

KOMPAS.com – Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya mengatakan kunci kesuksesan pengembangan destinasi wisata adalah 3A, yakni atraksi, aksesibilitas, dan amenitas.

Ketiga hal itu sangat terkait. Ambil contoh untuk mengembangkan amenitas, aksesibilitas yang baik adalah kuncinya.

"Namun, setelah aksesibilitas seperti bandara dan jalan terbangun, masih butuh waktu 4-5 tahun untuk membangun amenitas berupa hotel berbintang," ujarnya melalui rilis tertulis, Sabtu (21/9/2019).

Sebagai solusi tercepat, tambah Arief, Indonesia bisa membangun amenitas yang sifatnya bisa dipindah-pindah atau nomadic.

Baca juga: Perkuat Konsep Nomadic Tourism, Kemenpar Bangun Homepod di Labuan Bajo

"Bentuknya bermacam-macam. Akomodasi ada karavan yang sifatnya mobile, ada juga glam camp (glamour camp), semacam tempat camping tapi dengan fasilitas akomodasi kelas bintang. Pilihan lainnya adalah homepod,” jelasnya.

Mengenai hal tersebut, Kemenpar pun langsung merealisasikan nomadic amenities homepod di Desa Wisata Liang Ndara, Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.

Adapun peluncuran dilakukan pada Jumat (20/9/2019) oleh Asisten Deputi (Asdep) Pengembangan Destinasi Regional III, Harwan Ekon Cahyo didampingi oleh Kepala Dinas Pariwisata dan Budaya (Kadisparbud) Manggarai Barat Augustinus Rinus.

Harwan mengatakan, homepod yang dibangun terdiri dari dua lantai dan dilengkapi berbagai fasilitas berupa televisi, pendingin ruangan (AC), pemanas, dan lain sebagainya.

Baca juga: Blibli.com Dukung Kemenpar Promosikan Destinasi Pariwisata Prioritas

“Desa Wisata Liang Ndara adalah percontohan di Labuan Bajo untuk mengembangkan konsep Nomadic Tourism. Di sana, wisatawan juga bisa mendapatkan atraksi nature dan culture,” tutur Harwan.

Tidak hanya itu, Harwan juga memberikan acungan jempol kepada Kadisparbud Manggarai Barat, Augustinus Rinus.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X