Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

24 Jam di Gunungkidul Yogyakarta, Wisata ke 3 Pantai dan 1 Bukit

Kompas.com - 23/09/2019, 06:10 WIB
Nicholas Ryan Aditya,
Silvita Agmasari

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Yogyakarta merupakan kota dengan hiruk pikuk wisata yang berwarna. Jika kamu sedang di Yogyakarta atau sedang merencanakan untuk berlibur ke sana, sebaiknya jangan hanya berkutat di kota saja.

Ada banyak destinasi wisata lain, salah satunya di daerah Gunungkidul. Daerah yang dulunya tandus dan sepi ini kini berubah menjadi andalan wisata Daerah Istimewa Yogyakarta. Itu semua berkat pantai-pantai nan indah.

Setidaknya, ada tiga destinasi pantai dan satu bukit yang dapat kamu kunjungi seharian di Gunungkidul. Berikut rekomendasinya: 

Baca juga: 8 Obyek Wisata di Yogyakarta yang Pas untuk Melihat Sunset

1. Pantai Watukodok 

Destinasi pertama adalah pantai Watukodok. Jika kamu penggemar camping, pantai ini adalah salah satu tempat yang wajib kamu singgahi. Apabila kamu bingung karena tidak punya tenda, warga lokal telah menyediakan fasilitas penyewaan tenda.

Selain itu, jika kamu pencinta kuliner, kamu juga bisa mencoba menu-menu khas Gunungkidul seperti belalang goreng. Pokoknya, siapa saja yang berkunjung dan berkemah ke sini, tidak perlu pusing akan perbekalan.

Bicara keamanan, pantai ini juga terhitung aman, karena warga lokal ikut mengamankan dengan berjalan menyusuri area pantai setiap waktu. Jika kalian benar-benar mencintai pantai dan butuh keamanan dan kenyamanan, Watukodok adalah jawaban.

Biaya parkir motorpun terbilang normal yaitu Rp 3.000. Untuk tiket masuknya sekitar sepuluh ribu rupiah (sudah termasuk asuransi).

Keindahan Pantai Sepanjang, YogyakartaKompas.com/Anggara Wikan Prasetya Keindahan Pantai Sepanjang, Yogyakarta

2. Pantai Sepanjang

Bergeser sedikit dari pantai Watukodok, ada pantai Sepanjang yang dikenal dengan “Pantai Kutanya” Yogyakarta. Dahulu pemandangan di pantai ini disamakan dengan Pantai Kuta, Bali kala masih di era 70'an. Namun sekarang pantai ini sudah ramai dan malah terkesan sama seperti Pantai Kuta di era sekarang.

Baca juga: Tak Hanya Kota dan Pantai, Ini 5 Desa Wisata di Yogyakarta

Untuk tiket masuk, sama seperti pantai-pantai lain, yaitu Rp 10.000. Begitupun juga biaya parkir sebesar Rp 3.000. 

Bunga Celosia di Taman Kukup Mentari kawasan Pantai Kukup, Gunungkidul, Yogyakarta.Kompas.com/Luthfia Ayu Azanella Bunga Celosia di Taman Kukup Mentari kawasan Pantai Kukup, Gunungkidul, Yogyakarta.

3. Pantai Kukup 

Terakhir, pantai yang layak kamu kunjungi adalah pantai Kukup. Pantai dengan garis pantai yang tidak terlalu panjang ini wajib dikunjungi bagi kamu pencinta kuliner terutama seafood.

Ya, memang karena pantai ini dianugerahi berbagai olahan kuliner seafood seperti udang goreng dan rumput laut goreng yang mudah sekali ditemukan ketika kamu masuk menuju Pantai Kukup.

Harganya juga juga terbilang murah, cocok untuk kamu yang ingin menikmati kuliner khas pantai namun tetap tidak ingin boros.

Tiket masuk Rp 10.000 dan biaya parkir untuk sepeda motor Rp 3.000. 

Pemandangan langit Kota Yogyakarta dilihat dari Bukit Bintang saat senja.TRIBUN JOGJA/GILANG SATMAKA Pemandangan langit Kota Yogyakarta dilihat dari Bukit Bintang saat senja.

4. Bukit Bintang

Puas bermain di pantai sampai sore hari menjelang malam, kini waktunya kamu bersantai ria bersama teman, atau untuk sekadar ngopi bareng dan menikmati jagung bakar.

Tempat yang cocok untuk bersantai di malam haru adalah Bukit Bintang. Tempat ini merupakan satu-satunya tujuan wisatawan sehabis turun dari Gunungkidul. Nama Bukit Bintang sendiri diambil karena orang-orang melihat bukit ini selalu dipenuhi cahaya dari lampu rumah penduduk saat malam hari layaknya bintang.

Bukit Bintang Gunungkidul ini mirip bukit bintang yang ada di Semarang yaitu Bukit Gombel dan Bukit Moko di Bandung.

Baca juga: Sejumlah Obyek Wisata di Gunungkidul Akan Punya Wifi Gratis

Catatan penting ketika kamu ingin mengunjungi tempat ini, pastikna  pada malam hari dan cuaca yang cerah. Hal itu dikarenakan gemerlap lampu-lampu rumah warga di bawahnya akan terlihat jelas dan indah tergantung cuaca.

Selain itu, kamu juga dapat menyaksikan lampu pesawat terbang yang sedang landing atau take off di Bandara Adi Sucipto Yogyakarta yang semakin menambah suasana romantis bagaikan di langit.

Usai sudah 24 jam di Gunungkidul, rasanya memang kurang apabila seharian saja di sana. Namun, tempat-tempat yang disajikan tadi layak untuk dikunjungi ketika bosan dengan hiruk pikuk perkotaan. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com