Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Makan di Gejayan, 5 Kuliner Legendaris Yogyakarta

Kompas.com - 23/09/2019, 13:03 WIB
Nicholas Ryan Aditya,
Ni Luh Made Pertiwi F.

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com- Yogyakarta selain terkenal sebagai kota pelajar, juga terkenal akan kelezatan kuliner khas Yogyakarta.

Salah satu tempat yang patut dan wajib dikunjungi untuk kulineran adalah di kawasan Jalan Affandi, Gejayan, Sleman. Lima tempat makan yang akan dibahas ini bahkan ada yang buka malam hari.

1. Nasi Teri Gejayan

Kuliner yang satu ini memang sudah jadi idola mahasiswa Yogyakarta sejak dulu. Meski nama populernya nasi teri, tetapi jenis lauk yang disajikan tidak hanya nasi teri saja.

Ada telur, ayam, perkedel kentang, hingga tahu tempe goreng yang siap menggoyang lidah kamu. Sudah terkenal seantero Yogyakarta, nasi teri yang satu ini memang punya segudang lauk pilihan.

Para pembeli yang rata-rata mahasiswa yang juga anak kos ini, biasanya memesan satu porsi nasi teri ditambah tambahan lauk lainnya seperti telur dadar, tahu, hingga petai.

Baca juga: 24 Jam di Gunungkidul Yogyakarta, Wisata ke 3 Pantai dan 1 Bukit

Jika kamu sedang berkunjung ke Yogyakarta, jangan lupa untuk menikmati makanan khas satu ini. Letak Nasi Teri Gejayan ada di Jalan Affandi, Gejayan, persisnya seberang utara Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.

Tak perlu membawa uang lebih, kamu cukup bawa uang sekitar Rp 13.000 sampai Rp 25.000 saja dan sudah dapat merasakan nikmatnya nasi teri beserta lauk lainnya.

Jadi jangan takut kelaparan malam hari, karena kuliner ini buka mulai pukul 22.00 hingga 03.00 WIB.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

Ini nih kuliner malem Jogja yg paling bikin MinJog penasaran, karena tiap kali lewat sini antrinyaaa luar biasaaaa, panjang bgt kayak antri sembako ???????? Gudeg Bromo Bu Tekluk, katanya emang seenak itu gudegnya, gurih pedes dipaduin sama sambel krecek & tempe kriuk. Walaupun emang agak pricey, tp ga pernah sepi pelanggan & sampe pada rela antri puanjang demi makan gudegnya. Sukses bikin MinJog pingin cobain nih, ada yg mau nemenin MinJog ngantri gak? ????????. . ???? Gudeg Bromo Bu Tekluk ????Jl. Affandi, Gejayan, Yogyakarta ???? 10.30pm-4am ???? @gendut_kulineran . Ikutan ngobrol sesama Foodies yuk? Join JogjaCulinary Community Group, langsung aja klik LINK di profile yak! . #jogjaculinary #liburanjogja #wisatajogja #anakjajan #foodporn #foodphotography #food #foodie #foodgasm #foodblogger #foodstagram #foodlover #foodpics #foodpic #foods #gudegbromo

A post shared by Info Wisata Kuliner Jogja (@jogjaculinary) on Aug 19, 2019 at 9:15am PDT

2. Gudeg Bromo Bu Tekluk

Yogyakarta terkenal dengan gudeg yang khas yaitu bercita rasa manis. Namun untuk gudeg yang satu ini mempunyai rasa yang berbeda, yaitu cita rasa gurih.

Meski berbeda dari rasa gudeg lainnya, Gudeg Bromo Bu Tekluk tak pernah sepi pembeli. Bahkan pembeli harus rela mengantre demi mendapatkan rasa gurih khas dari gudeg ini.

Harga gudeg yang dikenal dengan nama Gudeg Bromo ini berbeda-beda tergantung pilihan lauk yang diinginkan.

Baca juga: Akhir Pekan di Yogyakarta, Cicipi 6 Gudeg Legendaris Ini

Untuk satu porsi Nasi Gudeg Ayam Suwir, dibanderol sekitar Rp 14.000. Jika kamu suka pakai telur, maka harga akan bertambah menjadi Rp 17.000.

Gudeg Bromo dapat kamu kunjungi mulai pukul 23.00 WIB dan biasanya itu pun sudah penuh dengan antrean pembeli. Makanan satu ini dapat kamu temui di Jalan Affandi nomor 2-A, Gejayan, Sleman, Yogyakarta.

3.Gudeg Ceker Sedep Raos

Selain Gudeg Bromo Bu Tekluk, kamu juga dapat mencicipi kuliner gudeg di sekitar Gejayan lainnya seperti Gudeg Ceker Sedep Raos.

Dulu, gudeg ini dikenal dengan nama Gudeg Ceker Seturan. Namun karena pindah ke Gejayan, jadi nama tempat sebelumnya yaitu Seturan pun dihilangkan.

Baca juga: Hanya Buka Dini Hari, Gudeg Ceker Solo Ini Cepat Ludes!

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com