Hati-hati! Lakukan Hal Ini Jika Bertemu Ubur-Ubur Saat Menyelam

Kompas.com - 24/09/2019, 09:44 WIB
Ubur-ubur Kotak dengan Tentakelnya yang Beracun. ShutterstockUbur-ubur Kotak dengan Tentakelnya yang Beracun.


JAKARTA, KOMPAS.com - Bagaimana jika di tengah-tengah kita menyelam lalu ada ubur-ubur mendekat? Dari 2.000 spesies ubur-ubur, sekitar 70 spesies tergolong membahayakan atau mampu membunuh orang.

Baca juga: Pertama di Indonesia, Budidaya Ubur-ubur Kini Hadir di Sea World

“Kalau ubur-ubur kan akan terbawa oleh arus, geraknya relatif ke mana arus itu menggiringnya, jadi biasanya melawan arus saja,” jelas Dokter Hewan Lucia Rachmawati dari unit Animal Healt Care Seaworld Ancol saat ditemui di Sea World Ancol, Jakarta, baru-baru ini.

Ia menjelaskan bahwa ada ubur-ubur yang memiliki sengatan yang ringan dan yang berat atau fatal. Semua itu tergantung dari spesies ubur-uburnya. Sengatan yang ditimbulkan ada yang ringan dan juga berat.

“Ubur-ubur ada yang sengatan ringan ada yang sengatan yang sangat fatal. Yang sengatan ringan hanya meninbulkan gatal-gatal dan perih biasa, kalau sengatan parah bisa sampai fatal akibatnya,” paparnya.

Lucia memberikan tips untuk menyembuhkan sengatan ringan yaitu dengan air cuka.

“Dengan air cuka, jadi larutan cuka yang 3 persen itu. Luka setelah disengat dapat dicuci dengan air cuka. Itu untuk sengatan yang ringan namun jika yang berat harus dibawa ke rumah sakit karena itu fatal,” ungkapnya.

Baca juga: SAR Gunung Kidul Imbau Wisatawan Waspadai Ubur-Ubur

Selain itu, lanjutnya, jika tidak ingin menanggung resiko, lebih baik ketika menyelam hindari kontak dari ubur-ubur.

“Sebenarnya jangan pegang, jangan kontak. Karena ubur-ubur tidak punya otak, dia tidak berpikir siapa lawannya jadi langsung mengeluarkan sengatannya,” jelas Lucia.

“Hindari saja, kalau mau tetep berenang hindari saja dengan tempat yang berbeda. Hindari arusnya karena dia akan terbawa arus,” lanjut Lucia.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X