Share this page

Mampir ke Bulukumba, Kunjungi 5 Destinasi Ini

Kompas.com - 24/Sep/2019 , 15:28 WIB

Mampir ke Bulukumba, Kunjungi 5 Destinasi Ini

KOMPAS.com -  Pantai Tanjung Bira mungkin lebih dikenal sebagai salah satu tujuan wisata di Bulukumba. Namun, kota di Sulawesi Selatan ini juga memiliki pesona alam yang sama indahnya dengan Tanjung Bira.

Yuk, simak 5 lokasi wisata keren lainnya di Bulukumba.

1. Pantai Marumasa

Selain Tanjung Bira, Pantai Marumasa juga merupakan destinasi yang cukup populer di kalangan wisatawan. Pantai di sini sangat bersih dan ombaknya tenang.

Ada juga beberapa spot foto yang disediakan, mulai dari ayunan, rumah adat, bunga matahari, sampai bingkai berbentuk hati yang bisa membuat foto Sobat Pesona makin kece.

Pantai Marumasa terletak di Kecamatan Bonto Bahari dan cukup mudah untuk dicapai.

2. Apparalang

Jika Sobat Pesona ingin menikmati keindahan pantai dari sudut berbeda, coba datang ke Apparalang. Di sini, wisatawan bisa melihat keindahan dari atas tebing dan memandangi hamparan laut yang luas sejauh mata memandang dikelilingi pepohonan yang rindang.

Dari Tebing Apparalang, wisatawan juga bisa melihat Pantai Marumasa yang letaknya tak jauh dari sana. Akses menuju ke sini juga mudah, hanya 20 menit dari Desa Darubia.

3. Limbua

Limbua merupakan sebuah destinasi wisata yang cocok untuk keluarga. Di ini, Sobat Pesona bisa bermain di bibir pantai dan menikmati keindahan alam sekitar. Sobat Pesona juga harus mencoba berenang di sebuah kolam di dekat Pantai Limbua. Uniknya, kolam ini memiliki air tawar. Konon, kolam ini bisa menyembuhkan penyakit.

Limbua juga berdekatan dengan Tebing Apparalang. Berjarak hanya 20 menit dan bisa ditempuh dengan kendaraan roda empat atau roda dua. Letaknya di Kelurahan Tri Tro, Kecamatan Bonto Tiro.

4. Bukit Donggia

Selain pantai, Bulukumba juga memiliki sebuah bukit yang indah bernama Donggia. Sobat Pesona bisa menikmati sejuknya hutan tropis yang lebat dari ketinggian 1.400 mdpl. Dari atas Bukit Donggia, Sobat Pesona bisa berfoto-foto dengan latar perbukitan yang hijau dan sungai.

Akses menuju ke Bukit Donggia tidak terlalu mudah. Sebagian jalan memang sudah di beton, tapi sebagian lainnya masih berupa jalan berbatu yang licin. Jadi, Sobat Pesona harus berhati-hati jika membawa kendaraan ke sini.

5. Gua Passea

Bulukumba juga memiliki gua bagi Sobat Pesona yang memiliki jiwa petualang dna senang menjelajah. Gua Passea merupakan situs purbakala yang dilindungi oleh pemerintah di Desa Lembanna. Sobat Pesona bisa menikmati keindahan stalaktit dan benda-benda peninggalan zaman nenek moyang dulu, seperti tulang belulang hingga keramik kuno.

Gua pantai ini menyimpan kebudayaan masyarakat Ara di masa lalu. Gue berbentuk vertikal ini memiliki karakteristik gua pantai yang sangat jarang ditemukan. Wah, Sobat Pesona berani ke sini?

Baca artikel lainnya:

Pantai Bara, Persembunyian Indah di Pesisir Sulawesi Selatan

Menilik Kerajinan Unik Khas Bulukumba

Kaddo Bulo, Lemang Favorit Raja yang Mulai Lekang Oleh Zaman

KOMENTAR

Lihat Keajaiban Lainnya