3 Kota Paling Populer untuk Staycation Bagi Orang Jakarta

Kompas.com - 25/09/2019, 20:03 WIB
ILUSTRASI - Salah kamar Whizz Dok. Intiwhiz Hospitality ManagementILUSTRASI - Salah kamar Whizz


JAKARTA, KOMPAS.com – Konsep liburan staycation tengah digandrungi masyarakat milenial khususnya Jakarta. Konsep liburan ini memiliki arti liburan yang tak melulu harus ke luar kota atau luar negeri, tetapi bisa juga di dalam kota.

Berdasarkan pemaparan Google Indonesia dalam Indonesia Travel Insight 2019, Selasa (24/9/2019), tiga kota besar yaitu Jakarta, Bogor, Bandung, dipilih masyarakat sebagai lokasi yang paling banyak dicari untuk staycation.

Staycation biasanya kan cuman 1-2 malam saja, staycation ini menarik karena sudah mengalami kenaikan yang cukup signifikan dari awal 2018. Ini menandakan bahwa banyak masyarakat yang ingin menghabiskan liburan singkat,” kata Zulfi Rahardian, Industri Manager Google Indonesia pada pemaparan Google Travel Insight 2019 di Jakarta, Selasa (24/9/2019).

Data Google Trends menunjukkan adanya peningkatan 153 persen untuk staycation, terhitung sejak Januari 2018. Sementara, hotel long tail dan akomodasi murah juga menjadi kian populer.

Menurutnya, telah terjadi kenaikan 28 persen pada pemesanan online untuk liburan singkat di akhir tahun.

Para Pembicara dalam acara Google Indonesia Travel Insight 2019Dharma Wijayanto Para Pembicara dalam acara Google Indonesia Travel Insight 2019
Selain itu, ada hal menarik lagi yang dijelaskan Zulfi. Menurutnya, tren booking pada staycation ini biasanya dilakukan H-1 atau ketika hari H pemesanan.

“Jadi untuk tren staycation ini menarik sekali, bisa dibilang dekat, singkat, dan mendadak,” jelasnya.

Menanggapi tren staycation ini, Felix Lukman, Corporate Development Travelio mengatakan pihaknya akan lebih mengutamakan pelayanan untuk liburan seperti shortstay. Travelio memang hadir untuk memberikan layanan serta kemudahan bagi para calon penyewa apartemen.

Untuk saat ini, unit Travelio sudah hadir di kota-kota besar di Indonesia dengan cakupan area meliputi Jakarta, Bekasi, Tangerang, Cikarang, Bandung dan Surabaya.

“Untuk itu, kita saat ini sedang mencoba lebih utamakan yang short stay ya, untuk Jakarta dan Bandung lebih cepat dapat over booking biasanya,” kata Felix.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X