Sama-Sama Cantik, Apa Bedanya Kue Jepang dan Perancis?

Kompas.com - 26/09/2019, 07:00 WIB
Kue buatan Yuki Nakamura, Pastry Cehf dari Swissotel Nankai Osaka Jepang. Kompas.com/Silvita AgmasariKue buatan Yuki Nakamura, Pastry Cehf dari Swissotel Nankai Osaka Jepang.

JAKARTA, KOMPAS.com - Jepang dan Perancis terkenal sebagai negara yang maju dalam produksi makanan pencuci mulut. Jika kamu berkunjung ke dua negara ini, ada banyak pilihan makanan pencuci mulut dan roti dengan tampilan yang cantik.  

Namun meski mirip dari segi jenis kue, sebenarnya ada perbedaan mendasar antara kue di Jepang dan kue di Perancis. 

"Bisa dilihat dari ukurannya. Kalau kue di Jepang biasanya berukuran lebih kecil dibanding kue di Perancis," Jelas Pastry Chef dari Swissotel Nankai Osaka, Jepang, Yuki Nakamura ditemui oleh Kompas.com di Hotel Fairmont Jakarta, Rabu (18/9/2019).

Ia mengatakan alasannya orang Jepang lebih suka melahap kue sekali makan saat sesi minum teh.

Baca juga: 5 Kue Terfavorit di Indonesia, dari Martabak sampai Kue Putu

Soal rasa, menurut Nakamura kue di Jepang rasanya juga lebih manis ketimbang kue di Perancis. Sebab kembali lagi, orang Jepang umumnya menyantap kue untuk pendamping minum teh yang terbilang pahit. Jadi bukan sebagai pencuci mulut sehabis makan. 

"Kalau penampilan sama, sama sama cantik kok," pungkas Nakamura.

Nakamura juga bercerita bahwa zaman dahulu orang Jepang banyak yang belajar membuat kue sampai ke Perancis. Itu juga yang jadi alasan mengapa kue di Jepang sangat beragam dan dari tampilan mirip kue Perancis.  

Baca juga: Inilah Kue Lebaran Orang Indonesia Sebelum Era Kolonial...

Salah satu orang yang belajar membuat kue ke Perancis adalah ayah Nakamura. Setelah belajar di Perancis, ayah Nakamura pulang ke Jepang dan memilih jalur profesi chef pastry.

Saat ini, Nakamura menyebutkan orang Jepang tak lagi harus belajar ke Perancis. Sebab sekolah membuat kue di Jepang sudah terbilang bagus dan justru menerima banyak siswa dari luar negeri.  

Ia sendiri menempuh pendidikan membuat kue di Jepang, untuk mengikuti ayahnya menjadi chef pastry.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X