Tips Naik Bus Malam agar Bisa Tidur Nyenyak

Kompas.com - 27/09/2019, 19:07 WIB
Ilustrasi Bus Malam. SHUTTERSTOCK/LASSEDESIGNENIlustrasi Bus Malam.

KOMPAS.com – Melakukan perjalanan malam seringkali menjadi pilihan yang paling efektif. Itu karena perjalanan bisa dibarengkan dengan waktu tidur sehingga aktivitas pada siang hari tidak terganggu.

Namun, melakukan perjalanan malam hari tentu membuat istirahat tidak maksimal. Hal itu berlaku pada kebanyakan moda transportasi, termasuk bus.

Baca juga: Traveling Naik Bus Malam, Jangan Lupa Bawa 5 Benda Ini

Meski demikian, tidur nyenyak di bus malam bukan berarti mustahil untuk dilakukan. Berikut ini adalah tips naik bus malam agar bisa tidur nyenyak:

1 Pilih bus yang lewat jalan tol

Salah satu keuntungan jika bus melewati jalan tol adalah perjalanan jadi lebih cepat. Selain itu, ternyata penumpang lebih bisa tidur nyenyak jika bus lewat jalan tol.

Hal itu karena goncangan bus relatif lebih minim jika lewat jalan tol yang kondisinya kebanyakan lurus dan jarang terdapat tikungan tajam.

Sebaliknya, jika bus lewat jalan biasa, kondisi jalan biasanya berkelok dan tidak rata. Terlebih bus akan kerap menyalip kendaraan truk dengan bermanuver.

Guncangan dalam bus pun akan sangat keras sehingga sangat tidak nyaman bagi penumpang untuk bisa tidur.

2 Duduk di bagian tengah dan dekat jendela

Pemilihan tempat duduk juga harus diperhatikan. Salah satu tempat duduk terbaik di dalam bus adalah bagian tengah. Itu karena guncangan akan lebih minim.

Hindari duduk di area atas ban. Hal itu karena goncangan bus akan lebih terasa, terlebih saat melewati jalan tidak rata.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X