Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Naik Bus Malam agar Bisa Tidur Nyenyak

Kompas.com - 27/09/2019, 19:07 WIB
Anggara Wikan Prasetya,
Ni Luh Made Pertiwi F.

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Melakukan perjalanan malam seringkali menjadi pilihan yang paling efektif. Itu karena perjalanan bisa dibarengkan dengan waktu tidur sehingga aktivitas pada siang hari tidak terganggu.

Namun, melakukan perjalanan malam hari tentu membuat istirahat tidak maksimal. Hal itu berlaku pada kebanyakan moda transportasi, termasuk bus.

Baca juga: Traveling Naik Bus Malam, Jangan Lupa Bawa 5 Benda Ini

Meski demikian, tidur nyenyak di bus malam bukan berarti mustahil untuk dilakukan. Berikut ini adalah tips naik bus malam agar bisa tidur nyenyak:

1 Pilih bus yang lewat jalan tol

Salah satu keuntungan jika bus melewati jalan tol adalah perjalanan jadi lebih cepat. Selain itu, ternyata penumpang lebih bisa tidur nyenyak jika bus lewat jalan tol.

Hal itu karena goncangan bus relatif lebih minim jika lewat jalan tol yang kondisinya kebanyakan lurus dan jarang terdapat tikungan tajam.

Sebaliknya, jika bus lewat jalan biasa, kondisi jalan biasanya berkelok dan tidak rata. Terlebih bus akan kerap menyalip kendaraan truk dengan bermanuver.

Guncangan dalam bus pun akan sangat keras sehingga sangat tidak nyaman bagi penumpang untuk bisa tidur.

2 Duduk di bagian tengah dan dekat jendela

Pemilihan tempat duduk juga harus diperhatikan. Salah satu tempat duduk terbaik di dalam bus adalah bagian tengah. Itu karena guncangan akan lebih minim.

Hindari duduk di area atas ban. Hal itu karena goncangan bus akan lebih terasa, terlebih saat melewati jalan tidak rata.

Jika perjalanan cukup jauh, pilih tempat duduk dekat jendela. Jika duduk dekat lorong, lalu-lalang penumpang lain atau kernet bisa saja menyenggol kepala sehingga otomatis tidur pun akan terganggu.

3 Bawa obat anti-mabuk

Obat anti-mabuk tentu bermanfaat agar perjalanan naik bus terhindar dari mabuk darat. Obat ini menjadi bawaan wajib bagi mereka yang rentan mabuk darat.

Namun, obat itu ternyata mampu menghadirkan rasa kantuk sehingga penumpang akan lebih mudah tertidur.

Baca juga: Penting Buat Kamu! 7 Tips Anti Mabuk saat Mudik Naik Bus

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com