Turis Asing Paling Doyan Belanja Makanan Saat Berkunjung ke NTT

Kompas.com - 29/09/2019, 10:05 WIB
Para wisatawan asal India sedang bersiap mengambil makanan untuk santap siang di atas kapal setelah mengunjungi Pulau Komodo, Kecamatan Komodo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, Kamis (19/11/2015). KOMPAS.com / Wahyu Adityo ProdjoPara wisatawan asal India sedang bersiap mengambil makanan untuk santap siang di atas kapal setelah mengunjungi Pulau Komodo, Kecamatan Komodo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, Kamis (19/11/2015).

KUPANG, KOMPAS.com - Kunjungan wisatawan mancanegara ke Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), setiap tahun terus meningkat.

Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi NTT mencatat, jumlah pengeluaran terbesar wisatawan asing saat berkunjung ke wilayah NTT yakni belanja makanan.

Hal itu disampaikan Kepala BPS Provinsi NTT Maritje Pattiwaellapea, saat memberikan sambutan dalam kegiatan ekspos data pariwisata dan perannya dalam perekonomian NTT, di Kupang, Selasa (24/9/2019).

Menurut Maritje, informasi itu diketahui oleh pihaknya, setelah dilakukan pendataan struktur pengeluaran selama berlibur atau berwisata ke NTT.

"Dari data yang ada, rata-rata pengeluaran terbesar wisatawan asing saat berkunjung ke NTT yakni makanan atau kuliner,"ujar Maritje.

Menurutnya sektor pariwisata memiliki pengaruh yang besar dalam menggerakan perekonomian di NTT, karena peranannya baik secara langsung maupun tidak langsung menciptakan lapangan usaha, lapangan kerja, pendapatan negara.

Karena itu, Maritje mengharapkan semua kuliner di NTT bisa dikemas dengan baik, sehingga bisa menjadi daya tarik tersendiri.

Maritje menyebut, sejumlah kuliner andalan di NTT masih harus ditingkatkan kemasannya, seperti madu, gula air, jagung dan daging sei.

Maritje mengatakan, banyak obyek wisata di NTT yang memiliki pesona alam eksostis, sehingga mengundang perhatian banyak orang untuk berkunjung. Satu di antaranya yakni kawasan Taman Nasional Komodo.

"Kita berharap, adanya pengembangan obyek-obyek wisata di NTT dan juga sejumlah kuliner yang ada,"ujarnya.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X