Kompas.com - 30/09/2019, 11:06 WIB
Soto Ikan Olahan Khas Pantai Kukup, Gunungkidul KOMPAS.COM/MARKUS YUWONOSoto Ikan Olahan Khas Pantai Kukup, Gunungkidul

 YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Berkunjung ke Pantai Kukup, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta tak ada salahnya mencoba kuliner uniknya.

Soto ikan di pantai ini jarang ditemui di daerah lainnya. Sebab, soto biasanya identik dengan daging ayam dan sapi. 

Tak berbeda dengan soto pada umumnya, soto ini berisi kol, kecambah, bihun, serta ada pula bulat-bulat seperti bakso tidak beraturan. Itulah olahan daging ikan. Kuahnya kekuningan mirip soto ayam.

"Kuahnya dibanyakin jahenya untuk mengurangi bau amis," kata Pengurus Kelompok sadar wisata (Pokdarwis) Pantai Kukup, Sukini saat ditemui di lomba memasak di Telaga Jonge Desa Pajarejo, Kecamatan Semanu, Gunungkidul Jumat (27/9/2019).

Sukini menjelaskan untuk kuah bumbunya tidak jauh berbeda dengan soto pada umumnya. Untuk menikmatinya bisa menambahkan kecap, sambal, dan air jeruk nipis.

Ikan kakap atau tenggiri diambil dagingnya untuk diolah sebagai daging dalam soto. Ikan tenggiri atau kakap dipisahkan dari durinya, daging ikan tersebut lalu dihaluskan dan diberi sedikit tepung maizena.

Setelah itu daging dibentuk bulat-bulat, sedangkan durinya digunakan untuk membuat kaldu ikan.

"Ikannya khusus tenggiri atau kakap, agar soto lebih segar. Kalau menggunakan ikan tuna rasanya ada kecutnya. Jadi kurang enak," katanya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X