Jangan Sembarangan Buka Pintu Darurat Pesawat, Ini Waktu yang Tepat

Kompas.com - 30/09/2019, 17:24 WIB
Ilustrasi pintu darurat. THINKSTOCKIlustrasi pintu darurat.


JAKARTA, KOMPAS.com - Lalu lintas penerbangan di China sempat terhambat karena kelakuan seorang wanita yang dengan sengaja membuka pintu darurat pesawat untuk mencari udara segar.

Kejadian ini terjadi sebelum penerbangan lepas landas di Provinsi Hubei, China Tengah, Senin (23/9/2019). Lantas, kapan waktu yang tepat untuk membuka pintu darurat itu?

Bagaimana sebenarnya prosedur penggunaan pintu dan jendela tersebut?

Menurut Pengamat Penerbangan Alvin Lie, tidak ada prosedur waktu tertentu kapan bisa dibukanya pintu darurat pesawat. Waktu-waktu ini antara sebelum take off, atau ketika pesawat dalam posisi tertentu.

“Pintu darurat itu digunakan dalam kondisi darurat, macam-macam bentuknya. Ada saat pesawat kecelakaan, ada saat pesawat kebakaran, dan sebagainya. Jadi titik poinnya di waktu darurat,” tuturnya saat dihubungi Kompas.com, Rabu (30/5/2018).

Baca juga: Cari Udara Segar, Penumpang Pesawat Ini Malah Buka Pintu Darurat

Kondisi darurat yang dimaksud dalam prosedur adalah ketika penumpang atau awak pesawat menilai harus segera keluar dari pesawat karena adanya ancaman keselamatan, bahkan nyawa.

Alvin melanjutkan, kondisi idealnya membuka pintu dan jendela darurat tersebut adalah saat awak kabin telah memberikan aba-aba berupa “evacuate-evacuate”.

Tidak semua kondisi darurat akan ideal. Alvin mengatakan, sulit untuk ideal dalam keadaan darurat, seperti sistem informasi yang tiba-tiba tidak berfungsi ataupun awak kabin pingsan.

“Jadi siapa pun berhak dan wajib melakukan pembukaan (pintu darurat) tersebut di waktu yang tepat, yaitu waktu darurat,” jelasnya.

Sekadar informasi, peristiwa terbukanya pintu darurat yang sengaja dilakukan penumpang bukan hanya terjadi kali ini saja.

Pada Juli tahun lalu seorang wanita yang terbang untuk pertama kalinya, membuka pintu darurat yang ia kira sebagai pintu toilet sebelum pesawat lepas landas di Nanjing.

Akibatnya, penerbangan pesawat sempat ditunda selama dua jam dan wanita tersebut ditahan selama 10 hari.

Baca juga: Kapan Penumpang Bisa Membuka Pintu Darurat Pesawat?

Beberapa penumpang telah membayar denda yang cukup besar karena melepaskan peluncur darurat. Perlu waktu berhari-hari dan biaya yang cukup besar untuk memperbaiki dan memasang ulang peluncur darurat.

Empat tahun lalu, yaitu tahun 2015, seorang pria membuka pintu darurat setelah sebuah pesawat mendarat di Chongqing. Ia harus membayar 35.000 yuan atau setara Rp 49 juta sebagai kompensasi kepada maskapai penerbangan tersebut.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X