Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Genjer Enaknya Ditumis, Ini 3 Olahan Genjer Cocok untuk Makan Siang

Kompas.com - 01/10/2019, 13:16 WIB
Nicholas Ryan Aditya,
Ni Luh Made Pertiwi F.

Tim Redaksi

 JAKARTA, KOMPAS.com - Genjer adalah tumbuhan rawa atau tumbuh di perairan dangkal. Genjer dulunya terkenal sebagai sayur bagi rakyat jelata atau identik dengan simbol kemiskinan.

Baca juga: Sayur Genjer, Makanan Wong Cilik yang Jadi Berdosa

Setelah menghadapi berbagai stigma, genjer kini mulai hadir di meja restoran. Teksturnya yang krenyes dan rasa getir selintasan, berpadu apik dengan bumbu yang menyertainya.

Menurut Gatot Susanto, Corporate Chef Parador Hotels & Resorts, sayur genjer begitu termarjinalkan karena seringkali baru dimasak setelah tidak ada sayur atau makanan lain. Genjer jadi pilihan terakhir bahan masak.

“Tapi buat saya genjer menggelitik saya untuk mengangkat derajat sayur simbol kemiskinan. Ternyata saya bisa menyajikan dalam menu spesial disandingkan dengan lauk ikan,” kata Chef Gatot kepada Kompas.com, Minggu (29/9/2019).

Gatot yang sudah menjadi chef selama lebih dari 25 tahun ini terbiasa memasak makanan Indonesia maupun internasional. Ia kerap mengolah sayur genjer.

Chef Gatot juga menyarankan genjer sebaiknya ditumis. “Karena teksturnya yang sedikit lembek, enaknya ditumis, dimasak cepat dengan api besar,” ujarnya.

Baca juga: Asal Usur Sayur Genjer, Penyelamat Krisis Pangan Era 1930-an

Walaupun tekstur genjer seperti lembek tetapi sebenarnya tanaman ini menyimpan sesnsai renyah saat disantap.

“Genjer punya tekstur yang sedikit lembek tapi punya serat yang segar dalam batangnya, sehingga kalau digigit dalam tekanan dua gigi akan menimbulkan sensasi 'kres' yang nikmat,” pungkas Gatot.

Sementara itu, untuk menghilangkan rasa pahit yang ada di genjer, pertama-tama genjer dipotong-potong. Lalu genjer direbus dalam air yang dicampur asam Jawa.

“Tapi jangan (direbus) terlalu lama. Kemudian diangkat, dicuci, baru dimasak,” tambahnya.

Menurut Gatot, ada cara lain untuk menghilangkan rasa pahit pada genjer dengan cara merendam genjer yang sudah dipotong dengan merendamnya dalam air garam. Kemudian, genjer dicuci sebelum dimasak.

Baca juga: Tips Mengolah Genjer Agar Tidak Pahit

Berikut jenis-jenis masakan enak yang berasal dari sayur genjer:

1. Tumis Genjer Tauco

Cara membuatnya tumislah bawang putih dan bawang merah sampai harum, masukkan potongan cabai merah dan hijau serta cabai rawit. Jangan lupa tambahkan tauco sembari diaduk.

Kemudian, masukkan genjer yang sudah dipotong-potong, sembari terus mengaduk agar bumbu yang dihasilkan merata. Tambahkan gula jawa dan garam. Hindari agar jangan sampai terlalu matang supaya warna genjer tetap segar.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com