Genjer Enaknya Ditumis, Ini 3 Olahan Genjer Cocok untuk Makan Siang

Kompas.com - 01/10/2019, 13:16 WIB
Tumis genjer dengan bumbu tauco dari Rumah Makan Tekko Kompas.com/ gabriella wijayaTumis genjer dengan bumbu tauco dari Rumah Makan Tekko

 JAKARTA, KOMPAS.com - Genjer adalah tumbuhan rawa atau tumbuh di perairan dangkal. Genjer dulunya terkenal sebagai sayur bagi rakyat jelata atau identik dengan simbol kemiskinan.

Baca juga: Sayur Genjer, Makanan Wong Cilik yang Jadi Berdosa

Setelah menghadapi berbagai stigma, genjer kini mulai hadir di meja restoran. Teksturnya yang krenyes dan rasa getir selintasan, berpadu apik dengan bumbu yang menyertainya.

Menurut Gatot Susanto, Corporate Chef Parador Hotels & Resorts, sayur genjer begitu termarjinalkan karena seringkali baru dimasak setelah tidak ada sayur atau makanan lain. Genjer jadi pilihan terakhir bahan masak.

“Tapi buat saya genjer menggelitik saya untuk mengangkat derajat sayur simbol kemiskinan. Ternyata saya bisa menyajikan dalam menu spesial disandingkan dengan lauk ikan,” kata Chef Gatot kepada Kompas.com, Minggu (29/9/2019).

Gatot yang sudah menjadi chef selama lebih dari 25 tahun ini terbiasa memasak makanan Indonesia maupun internasional. Ia kerap mengolah sayur genjer.

Chef Gatot juga menyarankan genjer sebaiknya ditumis. “Karena teksturnya yang sedikit lembek, enaknya ditumis, dimasak cepat dengan api besar,” ujarnya.

Baca juga: Asal Usur Sayur Genjer, Penyelamat Krisis Pangan Era 1930-an

Walaupun tekstur genjer seperti lembek tetapi sebenarnya tanaman ini menyimpan sesnsai renyah saat disantap.

“Genjer punya tekstur yang sedikit lembek tapi punya serat yang segar dalam batangnya, sehingga kalau digigit dalam tekanan dua gigi akan menimbulkan sensasi 'kres' yang nikmat,” pungkas Gatot.

Sementara itu, untuk menghilangkan rasa pahit yang ada di genjer, pertama-tama genjer dipotong-potong. Lalu genjer direbus dalam air yang dicampur asam Jawa.

“Tapi jangan (direbus) terlalu lama. Kemudian diangkat, dicuci, baru dimasak,” tambahnya.

Menurut Gatot, ada cara lain untuk menghilangkan rasa pahit pada genjer dengan cara merendam genjer yang sudah dipotong dengan merendamnya dalam air garam. Kemudian, genjer dicuci sebelum dimasak.

Halaman:
Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X