Ini Waktu yang Aman untuk Mendaki Gunung Carstensz

Kompas.com - 01/10/2019, 14:30 WIB
Pendaki di Gunung Carstensz Papua. Dok. PAT AdventurePendaki di Gunung Carstensz Papua.

JAKARTA, KOMPAS.com - Wisatawan mancanegara banyak mendaki Gunung Carstensz pada bulan September hingga awal November. Wisatawan mancanegara biasanya mendaki Gunung Carstensz untuk memanfaatkan cuaca di Indonesia yang lebih hangat.

"Di Eropa dan Amerika lagi winter (musim dingin), makanya bule-bule pada numpang bejemur sekalian ke sini (Gunung Carstensz," kata Direktur Utama PAT Adventure, Fandhi Achmad saat dihubungi KompasTravel, Selasa (1/10).

Menurutnya, pada bulan-bulan September hingga November curah hujan tak lebih tinggi dibandingkan bulan Desember-Januari. Adapun, cuaca di Gunung Carstensz sepanjang tahun cenderung stabil.

"Kalau hujan hampir pasti sih di Carstensz, langit clear jarang-jarang. Kalau ada juga biasanya di bawah jam 11 siang, sehabis itu berkabut lagi," tambahnya.

Baca juga: Kerusuhan Papua, Polres Mimika Keluarkan Imbauan Pendakian Carstensz

Selain itu, pertimbangan keamanan juga menjadi alasan banyaknya wisatawan mancanegara yang mendaki ke Gunung Carstensz sebelum bulan Desember.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X