Ini Alasan Aroma Barbeque Bikin Nafsu Makan Meningkat

Kompas.com - 02/10/2019, 06:05 WIB
Ilustrasi barbeque party ShutterstockIlustrasi barbeque party


KOMPAS.com - Restoran all you can eat yang menyajikan daging panggang dan bakar sedang menjamur di Indonesia.

Dengan harga bersaing, kamu bisa melahap daging panggang sepuasnya dalam batas waktu tertentu. Tren ini juga diikuti oleh membludaknya penggemar daging pan

Selain daging panggang ala buffet, Indonesia sendiri memiliki ragam kuliner panggang dan bakar yang sangat kaya. Setiap daerah pasti memiliki kuliner bakar khas lokal yang tidak kalah enak dengan sajian panggang mancanegara.

Selain rasanya yang enak, kuliner bakar juga memiliki ciri khas lain yakni proses memasaknya yang mengeluarkan asap. Asap pembakaran makanan ini biasanya mengeluarkan aroma lezat tergantung bahan makanan yang dibakar.

 Baca juga: Nikmatnya Sate Kere Mbak Tug, Sate Langganan Jokowi

Bau asap makanan juga biasanya menjadi “hidangan pembuka” yang dapat meningkatkan nafsu makan penikmat.

Hal yang dapat diamati adalah, terlepas dari tren masakan panggang, kenapa kita menyukai bau asap makanan?

Sate kambingvaleriopardi Sate kambing
Faktanya, hal ini lumrah dan terjadi secara umum. Dikutip dari Independent dari buku Koki Edward Lee, Smoke & Pickels, hal ini terjadi hampir pada seluruh dunia.

“Beberapa orang mengatakan bahwa Umami adalah rasa kelima, setelah asin, manis, asam, dan pahit. Bau asap makanan adalah yang keenam,” ujar Edward.

Sementara komentar Jonatahan A Zearfross, Professor di Culinary Institute of America bertentangan dengan pendapat Koki Edward Lee.

“Senyawa spesifik bekerja dengan reseptor spesifik untuk rasa dasar. Tidak ada responden dalam indra perasa untuk merokok, "kata Zearfoss.

Baca juga: Nikmatnya Santap Malam Barbeque Sambil Memandang Borobudur

Namun jika kita tidak merasakannya, bagaimana kita bereaksi terhadapnya? Jawabannya sedikit rumit dan kita harus untuk mengerti tentang rasa itu sendiri.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X