Kompas.com - 02/10/2019, 09:06 WIB


PEKALONGAN, KOMPAS.com - Pemerintah Kota Pekalongan, Jawa Tengah, kembali menggelar Pekan Batik Nusantara 2019. Kegiatan ini rencananya dimulai 4 Oktober hingga 10 Oktober 2019 dan digelar di komplek Wisata Budaya Jetayu.

Pada Pekan Batik tersebut pameran berada di Gor Jetayu dan kuliner di sekitaran Jalan Raden Shaleh.

Baca juga: Ingin Berwisata Kuliner dan Belanja Batik Pekalongan, Cek Explore Pekalongan

Walikota Pekalongan Saelany Mahfudz mengatakan Pekan Batik tersebut diharapkan dapat menjadi destinasi tujuan wisata tahunan di Indonesia sekaligus meningkatkan kunjungan wisatawan lokal maupun mancanegara.

"Kegiatan Pekan Batik ini bisa menjadi pengungkit ekonomi masyarakat sehingga dapat meningkatkan daya saing dalam ekonomi, serta menumbuhkembangkan laju perekonomian di daerah. Kegiatan Pekan Batik ini juga diharapkan bisa menimbulkan dampak positif yang lebih luas secara nasional bagi pengembangan batik nusantara," kata Saelany, Selasa (1/10/2019).

Walikota Pekalongan Jawa Tengah Saelany Mahfudz saat menjelaskan tentang Pekan Batik kepada media.Kompas.com/Ari Himawan Walikota Pekalongan Jawa Tengah Saelany Mahfudz saat menjelaskan tentang Pekan Batik kepada media.

Saelany melanjutkan Pekan Batik bisa meningkatkan pemasaran batik di Indonesia dan mancanegara serta dapat meningkatkan ekspor.

Baca juga: 5 Oleh-oleh Tidak Biasa dari Pekalongan

Walikota menambahkan dalam rangkaian memperingati Hari Batik Nasional 2019, kegiatan Pekan Batik juga bertujuan untuk mempromosikan batik ke pasar mancanegara dan meningkatkan pemasaran batik secara global, meningkatkan jaringan pasar, serta mendatangkan buyer dari dalam maupun luar negeri.

"Pemkot menargetkan nilai transaksi kegiatan Pekan Batik 2019 mampu mencapai Rp10 miliar atau naik dibanding tahun sebelumnya Rp 6 miliar," tambahnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.