Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertama Kali Minum Kopi? Cobalah Mulai dari Kopi Susu...

Kompas.com - 02/10/2019, 20:00 WIB
Yana Gabriella Wijaya,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Kopi susu memang sebuah minuman yang akrab di lidah masyarakat Indonesia. Dibanding dengan kopi terbaik kelas dunia, kopi dari Indonesia lah yang paling pas dan paling cocok jika diolah menjadi segelas kopi susu.

"Menurut saya tidak ada kopi susu enak selain kopi susu Indonesia. Kalau kopi susu diberi kopi dari Ethiopia yang terbaik, saya yakin kopi susu akan selalu enak jika menggunakan kopi dari Indonesia ," ujar Edward Tirtanata CEO dari Kopi Kenangan di GO WORK, Pasific Place, Jakarata, Selasa (1/10/2019).

Edward yang mendirikan Kopi Kenangan dari tahun 2017 itu menyatakan jika kopi dari Ethiotpia yang berkelas, belum tentu cocok jika diolah dengan campuran susu dan gula menjadi kopi susu.

Baca juga: Ini Dia Kedai Favorit Orang Aceh, Kopi Solong

Memiliki body atau sensai ketebalan rasa kopi yang kuat, kopi Indonesia paling cocok jika diracik, dicampurkan dengan susu dan gula aren, menjadi kopi susu.

Karena rasa kopi itu sendiri akan tetap terasa kuat dan tidak tertutup dengan rasa susu atau gula aren.

Pemilik dari 131 kedai Kopi Kenangan yang tersebar di Indonesia ini memaparkan bahwa kopi susu adalah minuman yang cocok untuk para penikmat kopi pemula, dengan rasa yang tidak pahit.

.SHUTTERSTOCK .

Saat melakukan survei pelanggan, pelanggan dari kedai kopi yang tersebar di 15 kota di Indonesia ini mengaku lebih mudah menikmati kopi dengan mengkonsumsi kopi susu.

"Karena kopi kalau pahit, orang penikmat kopi pemula kayak 'ini kok pahit' tapi kalo dikombinasikan dengan susu, gula siapa sih yang enggak suka susu dan gula, pasti mayoritas pada suka," jelas Edward.

Baca juga: 7 Jenis Minuman Kopi dari Berbagai Daerah di Indonesia

Karena mudah dinikmati oleh setiap kalangan, kopi susu menjadi primadona di coffee shop satu ini dan sering dipesan oleh para pelanggan.

Es Kopi Susu milik Kopi Kenangan memiliki citarasa manis dari gula aren dan susu serta rasa kopi yang masih dominan.

"Dari rasa kopinya sendiri yang cenderung chocolaty (memiliki rasa cokelat yang kaya), caramel, dan rasa kopi Indonesia yang kuat, jadi sangat cocok jika diola menjadi kopi susu," ujar Edward.

Biji kopi yang digunakan oleh Kopi Kenangan ialah robusta dan arabica, yang dikumpulkan dari banyak petani di beberapa daerah di Indonesia. Antara lain Aceh, Sumatera Utara, Jawa Timur, dan Flores.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com