Kisah Pesawat KLM Rute Pertama Belanda-Jakarta, Dulu Menempuh 55 Hari

Kompas.com - 05/10/2019, 07:00 WIB
Uji coba Pesawat KLM Fokker F-VII dari Belanda ke Indonesia, 1 Oktober 1924 Panitia Acara KLM 100 Years - Celebrate the FutureUji coba Pesawat KLM Fokker F-VII dari Belanda ke Indonesia, 1 Oktober 1924

JAKARTA, KOMPAS.com – Jakarta merupakan destinasi antarbenua pertama KLM. Kala itu KLM menggunakan pesawat Fokker F-VII dan berhasil mendarat di Batavia sekarang Jakarta, pada tanggal 24 November 1924.

Perjalanan ini adalah koneksi penerbangan terjadwal paling lama di dunia karena menempuh waktu 55 hari.

Menurut General Manager South East Asia & Oceania Air France KLM, Gijs van Popta, penerbangan ini dimulai dari bandara Schiphol Amsterdam Belanda pada tanggal 1 Oktober 1924.

Penerbangan selama 55 hari dengan 21 kali pemberhentian. Pesawat berhenti pertama di Praha, Ceko.

“Ini merupakan uji coba pertama penerbangan sebelum diresmikan terjadwal ke Jakarta pada 1930. Dan tahun ini, kami menandai momen tersebut sebagai hari jadi ke-95 penerbangan Belanda-Indonesia,” kata Gijs kepada Kompas.com, Jakarta, Jumat (4/10/2019).

Baca juga: Yuk, Mampir Pameran Ulang Tahun KLM ke-100 di Jakarta

Gijs melanjutkan, waktu itu pendiri KLM, Albert Plesman dan pendiri produsen pesawat Belanda, Anthony Fokker berinisiasi untuk melakukan uji coba penerbangan antarbenua pertama, yaitu antara Belanda ke Indonesia.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X