Raung Ditutup, Ini 5 Gunung Alternatif Pendakian di Jawa Timur

Kompas.com - 05/10/2019, 15:15 WIB
Pemandangan Sunrise di Gunung Bromo Dok. Humas Kementerian PariwisataPemandangan Sunrise di Gunung Bromo


JAKARTA, KOMPAS.com – Gunung Raung yang berada di empat kawasan Jawa Timur, meliputi Besuki, Banyuwangi, Bondowoso, dan Jember belum dinyatakan aman untuk mendaki karena kebakaran.

Baca juga: Kebakaran, Jalur Pendakian Gunung Raung via Kalibaru Ditutup

Namun, kamu masih bisa memilih 5 gunung di Jawa Timur yang bisa kamu daki. Simak selengkapnya.

Situasi di kawasan Gunung Bromo, Sabtu (20/7/2019)Dok. TNBTS Situasi di kawasan Gunung Bromo, Sabtu (20/7/2019)

1. Gunung Bromo

Gunung Bromo sudah terkenal dan jadi langganan wisatawan dan pendaki. Gunung yang memiliki tinggi 2.392 mdpl ini memang tergolong mudah, terutama untuk pendaki pemula.

Minim tantangan, kamu bisa melihat kawah dan menikmati panorama saat matahari terbit di Bukit Pananjakan. Momen-momen ini yang jadi favorit bagi wisatawan dan pendaki. Semua orang bisa menikmati panorama luar biasa gunung berapi, salah satunya adalah Gunung Bromo.

Gunung Bromo terletak di empat kabupaten, yaitu Kabupaten Probolinggo, Pasuruan, Lumajang, dan Malang. Tak lupa, gunung ini menawarkan pemandangan lautan pasir yang luas ketika kamu menuju kawah.

Selain itu, kamu juga bisa melihat tradisi dari suku Tengger jika mereka sedang melakukan ritual Yadnya Kasada yang dilakukan setiap tahun.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X