Dua Paspor dari Negara Ini Jadi yang Terkuat di Dunia

Kompas.com - 06/10/2019, 11:16 WIB
Paspor Orde Militer Berdaulat Malta. PinterestPaspor Orde Militer Berdaulat Malta.

KOMPAS.com - Di tahun ini, dua negara di Asia berlomba untuk memperebutkan posisi paspor paling kuat di dunia. Memasuki tiga perempat tahun, Jepang dan Singapura telah memegang posisi mereka sebagai paspor paling ramah perjalanan di dunia.

Itulah pandangan dari Henley Passport Index, yang secara berkala mengukur akses yang diberikan dokumen perjalanan masing-masing negara. Data diambil dari laporan kuartal keempat Henley Passport Index (HPI 2019 Q4 Update) yang diumumkan pada 1 Oktober 2019.

Laporan ini memberikan wawasan eksklusif tentang perubahan terbaru terkait kekuatan paspor global.

Laporan ini menggunakan data dari sejarah indeks selama 14 tahun untuk menunjukkan bagaimana mobilitas perjalanan telah berubah selama dekade terakhir, dengan melihat kekuatan yang diperoleh paspor.

Baca juga: Cara Buat Paspor Elektronik Secara Online, Berikut Panduannya

Paspor Singapura dan Jepang menduduki peringkat karena kedua paspor tersebut memberikan pengunanya akses ke 190 negara.

Korea Selatan bersama Finlandia dan Jerman menduduki peringkat kedua. Pasalnya, warga dari ketiga negara dapat mengakses 188 negara di seluruh dunia tanpa visa sebelumnya.

Finlandia telah mendapat manfaat dari perubahan terbaru terhadap kebijakan visa Pakistan yang sebelumnya sangat ketat.

Pakistan sekarang menawarkan Electronic Travel Authority (ETA) kepada wisatawan dari 50 negara, termasuk Finlandia, Jepang, Spanyol, Malta, Swiss dan Uni Emirat Arab. Namun, pemberian ETA ini idak termasuk Amerika Serikat dan Inggris.

Negara-negara Eropa seperti Denmark, Italia, dan Luksemburg menempati posisi ketiga dalam indeks, dengan akses bebas visa / on-arrival ke 187 negara. Sementara Perancis, Spanyol dan Swedia berada di posisi keempat dengan akses ke 186 negara.

Lima tahun lalu, Amerika Serikat dan Inggris menduduki peringkat teratas pada tahun 2014, tetapi kedua negara kini telah merosot ke posisi keenam, posisi terendah yang dipegang sejak 2010.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber CNN Travel
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X