Seberapa Kuat Paspor Indonesia Dibanding Paspor Negara ASEAN Lain?

Kompas.com - 06/10/2019, 16:30 WIB
Bukan hanya orang dewasa, paspor juga dibutuhkan untuk anak-anak sebagai identitas mereka ketika melakukan perjalanan ke luar negeri. KOMPAS.COM/Alek KurniawanBukan hanya orang dewasa, paspor juga dibutuhkan untuk anak-anak sebagai identitas mereka ketika melakukan perjalanan ke luar negeri.


JAKARTA,KOMPAS.com - Paspor Jepang dan Singapura, bersaing untuk memegang predikat paspor terkuat di seluruh dunia. Dalam laporan Henley Passport Index yang diperbaharui tanggal 1 Oktober 2019, pemegang paspor Jepang dan Singapura bisa pergi ke 190 negara (destinasi) tanpa visa.

Setelah sempat turun, paspor Singapura beranjak naik kembali menyaingi Jepang yang berada di puncak indeks. Sementara Korea Selatan dan Jerman, menyusul di peringkat kedua. Pemegang paspor dari kedua negara tersebut, dapat berpergian tanpa visa ke 188 destinasi.

Bagaimana dengan Indonesia? Dikutip dari laporan Henley Passport Index, Indonesia berada di urutan ke-73. Selain Indonesia, pada peringkat ini juga terdapat Zambia. Pemegang paspor dari kedua negara ini bisa berpergian bebas visa ke 70 negara.

Dalam laporan versi regional untuk Asia Tenggara, peringkat pertama dipegang oleh Singapura, disusul oleh Malaysia (secara global peringkat 12). Pemegang paspor Malaysia bisa pergi ke 177 negara bebas visa.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X