Rasanya LOB di Kapal Rp 70 juta Semalam di Perairan Komodo

Kompas.com - 06/10/2019, 20:00 WIB
Kapal Sipuliang, kapal yang disewa untuk Live on Board di perairan Taman Nasional Komodo. Kompas.com/Silvita AgmasariKapal Sipuliang, kapal yang disewa untuk Live on Board di perairan Taman Nasional Komodo.

JAKARTA, KOMPAS.com - Live on Board (LoB) atau menginap di kapal adalah salah satu paket liburan yang banyak diambil wisatawan saat di Perairan Komodo.

Wisata di Taman Nasional Komodo seperti ke Pulau Komodo atau Pulau Rinca, Pulau Padar, Gili Lawa, Manta Point, Taka Makassar, dan masih banyak tempat wisata lain hanya dapat ditempuh dengan kapal.

Maka tak heran paket LoB terbilang lebih efektif dalam soal waktu. Apalagi bagi wisatawan yang punya waktu sedikit untuk berlibur. Wisatawan menginap, bersantap, dan diantar langsung oleh kapal selama LoB.

Pengalaman paling menarik saat saya ditugaskan untuk meliput para pemenang lomba fotografi Indonesia Sustainable Tourism Photo Competition (ISTPC) 2019 yang diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata dari 27 September - 1 Oktober 2019.

Baca juga: Inilah Pemenang Indonesia Sustainable Tourism Awards Festival 2019

Ada enam orang pemenang yakni Henri, Agus, Nesa berasal dari Bali, Aulia dari Aceh, David dari Spanyol, dan Manish dari India. Hadiah kemenangan lomba fotografi bertema pariwisata berkelanjutan tersebut adalah berwisata di Taman Nasional Komodo. Sudah lengkap dengan transportasi, akomodasi, konsumsi, dan biaya masuk wisata.

Saat ditugaskan meliput, saya berpikir kapal yang saya inapi akan sederhana dan bersiap untuk (kembali) mabuk di lautan. Maklum, saya biasa bepergian dengan kapal Pelni, moda transportasi laut massal.

Ternyata saya salah, justru saya menikmati fasilitas yang sama dengan para pemenang lomba fotografi Indonesia Sustainable Tourism Photo Competition (ISTPC) 2019. Alhasil saya seperti ketiban durian runtuh, mirip pemenang bayangan.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X