Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tidak Sulit Membuat Teh Telur Khas Padang Agar Tidak Amis

Kompas.com - 06/10/2019, 22:00 WIB
Yana Gabriella Wijaya,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Teh telur atau teh talua merupakan salah satu minuman khas Padang, yang jika tidak diolah dengan tepat akan terasa amis dan tak sedap.

Sesuai namanya teh talua terdiri dari teh yang dicampur dengan telur bebek. Kunci dari amis atau tidaknya teh talua ialah dari cara memisahkan kuning dan putih telur bebek.

"Pokoknya yang paling penting adalah memisahkan betul-betul kuning telur dari putih telur. Karena yang membuat amis adalah putih telurnya,apalagi bagian putih terlur yang teksturnya kental," jelas Hedri Koto, penjual Teh Telur saat ditemui Kompas.com di Jakarta beberapa waktu lalu.

Proses membuatan teh telur cukup sederhana. Kamu dapat mencobanya di rumah. Yang perlu disiapkan hanya sebutir telur bebek, teh kental, gula pasir, susu kental manis, kayu manis dan jeruk nipis.

"Untuk telurnya dibuang putihnya, lalu tambah gulanya satu setengah sendok makan, lalu diaduk samapai merata, juga tambahkan serbuk kayu manis secukupnya" jelas pria asli Padang itu.

Baca juga: Menikmati Teh Talua di Pinggir Pantai Sago

Tips lainnya adalah gunakan lidi atau tusuk sate sekitar 20-30 tusuk yang diikat menjadi satu saat mengocok kuning telur dan gula pasir.

"Biasanya pakai lidi, sulit kalau pakai garpu. Pakai lidi yang diikat satu agar mudah menghancurkan gula pasirnya," jelas Hedri yang sehari-harinya menyuguhkan teh talua.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com