Tidak Sulit Membuat Teh Telur Khas Padang Agar Tidak Amis

Kompas.com - 06/10/2019, 22:00 WIB
Teh telur siap menemani Anda menyantap Lontong Tunjang di Bengkulu. Lontong ini  dibaluri kuah santan kental, kerupuk merah dan tunjang sapi. Rasa lontong ini begitu gurih dan nikmat.  KOMPAS.COM/FIRMANSYAHTeh telur siap menemani Anda menyantap Lontong Tunjang di Bengkulu. Lontong ini dibaluri kuah santan kental, kerupuk merah dan tunjang sapi. Rasa lontong ini begitu gurih dan nikmat.


JAKARTA, KOMPAS.com - Teh telur atau teh talua merupakan salah satu minuman khas Padang, yang jika tidak diolah dengan tepat akan terasa amis dan tak sedap.

Sesuai namanya teh talua terdiri dari teh yang dicampur dengan telur bebek. Kunci dari amis atau tidaknya teh talua ialah dari cara memisahkan kuning dan putih telur bebek.

"Pokoknya yang paling penting adalah memisahkan betul-betul kuning telur dari putih telur. Karena yang membuat amis adalah putih telurnya,apalagi bagian putih terlur yang teksturnya kental," jelas Hedri Koto, penjual Teh Telur saat ditemui Kompas.com di Jakarta beberapa waktu lalu.

Proses membuatan teh telur cukup sederhana. Kamu dapat mencobanya di rumah. Yang perlu disiapkan hanya sebutir telur bebek, teh kental, gula pasir, susu kental manis, kayu manis dan jeruk nipis.

"Untuk telurnya dibuang putihnya, lalu tambah gulanya satu setengah sendok makan, lalu diaduk samapai merata, juga tambahkan serbuk kayu manis secukupnya" jelas pria asli Padang itu.

Baca juga: Menikmati Teh Talua di Pinggir Pantai Sago

Tips lainnya adalah gunakan lidi atau tusuk sate sekitar 20-30 tusuk yang diikat menjadi satu saat mengocok kuning telur dan gula pasir.

"Biasanya pakai lidi, sulit kalau pakai garpu. Pakai lidi yang diikat satu agar mudah menghancurkan gula pasirnya," jelas Hedri yang sehari-harinya menyuguhkan teh talua.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X