Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Fungsi Wiper di Jendela Kokpit Pesawat?

Kompas.com - 07/10/2019, 12:07 WIB
Nicholas Ryan Aditya,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi


KOMPAS.com – Pernahkah kamu bertanya-tanya apakah di pesawat juga ada wiper sama seperti di mobil? Mengapa ada wiper di sana? Apa fungsinya sama seperti di mobil?

Ya, alat penyapu hujan atau wiper pada pesawat berfungsi sama seperti mobil, yaitu untuk membersihkan kaca depan air hujan selama penerbangan.

Dalam situs blog.klm.com, dikatakan pilot memerlukan pandangan yang jelas. Wiper membersihkan kaca depan pilot apabila terkena air atau salju.

Wiper berguna sebagai alat bantu pilot agar dapat terhubung dengan kondisi di luar pesawat.

Pandangan yang bersih di jendela kaca pilot dapat membantunya melihat dengan jelas kondisi di luar pesawat secara visual.

Oleh dari itu, jendela kaca depan pilot pesawat udara juga dilengkapi dengan wiper berkecepatan ganda dan dapat dioperasikan secara manual oleh pilot.

Wiper berkecepatan ganda atau biasa disebut Windshield Wiper ini dapat digunakan dalam kondisi hujan di darat maupun saat penerbangan khususnya ketika akan mendarat.

Pada pesawat Boeing 737, wiper memiliki tiga pengaturan kecepatan, pertama interval dengan kecepatan 6 sampai 7 sapuan per menit, low untuk 160 sapuan per menit, dan high untuk 250 sapuan per menit.

Wiper yang tidak berfungsi dengan baik bahkan dapat menjadi alasan pesawat untuk tidak terbang ketika hujan lebat. Jadi, mereka begitu penting.

Selain itu, kini sebagian besar pesawat memiliki lapisan hidrofobik di jendelanya. Lapisan ini mempengaruhi tegangan permukaan tetesan hujan dan menciptakan semacam film tembus pandang di kaca depan. Hal ini semakin menambah penglihatan pilot.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com