Apa Fungsi Wiper di Jendela Kokpit Pesawat?

Kompas.com - 07/10/2019, 12:07 WIB
Wiper di pesawat KLM Royal Dutch Airlines Dean van der HeijdenWiper di pesawat KLM Royal Dutch Airlines


KOMPAS.com – Pernahkah kamu bertanya-tanya apakah di pesawat juga ada wiper sama seperti di mobil? Mengapa ada wiper di sana? Apa fungsinya sama seperti di mobil?

Ya, alat penyapu hujan atau wiper pada pesawat berfungsi sama seperti mobil, yaitu untuk membersihkan kaca depan air hujan selama penerbangan.

Dalam situs blog.klm.com, dikatakan pilot memerlukan pandangan yang jelas. Wiper membersihkan kaca depan pilot apabila terkena air atau salju.

Wiper berguna sebagai alat bantu pilot agar dapat terhubung dengan kondisi di luar pesawat.

Pandangan yang bersih di jendela kaca pilot dapat membantunya melihat dengan jelas kondisi di luar pesawat secara visual.

Oleh dari itu, jendela kaca depan pilot pesawat udara juga dilengkapi dengan wiper berkecepatan ganda dan dapat dioperasikan secara manual oleh pilot.

Wiper berkecepatan ganda atau biasa disebut Windshield Wiper ini dapat digunakan dalam kondisi hujan di darat maupun saat penerbangan khususnya ketika akan mendarat.

Pada pesawat Boeing 737, wiper memiliki tiga pengaturan kecepatan, pertama interval dengan kecepatan 6 sampai 7 sapuan per menit, low untuk 160 sapuan per menit, dan high untuk 250 sapuan per menit.

Wiper yang tidak berfungsi dengan baik bahkan dapat menjadi alasan pesawat untuk tidak terbang ketika hujan lebat. Jadi, mereka begitu penting.

Selain itu, kini sebagian besar pesawat memiliki lapisan hidrofobik di jendelanya. Lapisan ini mempengaruhi tegangan permukaan tetesan hujan dan menciptakan semacam film tembus pandang di kaca depan. Hal ini semakin menambah penglihatan pilot.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X