Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rendang Festival Diselenggarakan di Budapest, Bagaimana Tanggapan Peserta?

Kompas.com - 07/10/2019, 12:07 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Rendang Festival 2019 diselenggarakan oleh KBRI Budapest dan kantor promosi dagang ITPC Budapest di Marriot Hotel pada Sabtu (5/10/2019).

Rangkaian kegiatan Rendang Festival terdiri dari live cooking demo oleh William Wongso dan lima koki kenamaan lainnya serta Gala Dinner.

Seluruh undangan terkesima ketika mulai mencicipi side dish yang disiapkan oleh Chef William Wongso sampai rendang kemudian disajikan.

"No wonder it becomes the most delicious food in the world (tidak heran ini jadi makanan terenak di dunia)," ucap Ms. Sarkozi Aniko, pemilik Event Organizer di Budapest yang pertama kali mencoba rendang sesuai siaran pers yang diterima Kompas.com, Minggu (6/10/2019).

Acara live cooking demo dihadiri setidaknya 100 undangan, terdiri dari manajer restoran, pengusaha, pakar kuliner di Hongaria, travel dan foodblogger, direktur sekolah kulinari. Acara ini juga diliput oleh media nasional Hongaria.

Baca juga: Hanya dengan Melihat, Inilah Ciri-ciri Rendang Enak

“Rendang adalah salah satu aset kita dalam mempromosikan Indonesia, saat ini pemerintah sedang mengusahakan Rendang untuk diakui UNESCO sebagai salah satu World Cultural Heritage list dari Indonesia, seperti Batik yang telah diakui sejak 2 Oktober 2009 lalu,” ujar Duta Besa RI untuk Hungaria, Abdurachman Hudiono Dimas Wahab. 

Dalam rangka mendukung usaha pemerintah tersebut, Dimas menyebutkan KBRI Budapest berusaha membuat rendang dikenal oleh masyarakat international khususnya masyarakat Hungaria.

Rendang Festival 2019.Dok. KBRI Hungaria Rendang Festival 2019.

Gala Dinner yang dilakukan pada malam hari dihadiri oleh para duta besar negara sahabat, pejabat dari pemerintah setempat, para CEO perusahaan, manajer restoran di Hongaria, pecinta kulinari, food industry pioneer, jurnalis serta tamu undangan lainnya.

Tiket Gala Dinner yang menyajikan rendang sebagai sajian utama ini dijual dengan harga yang cukup tinggi, namun dari jauh hari sudah habis
terjual.

“Dari hasil penjualan meja tersebut seagian akan kita sumbangkan ke Heim Pal Hospital, Rumah Saki tAnak di Hongaria,” jelas Addy Perdana Soemantri, Kepala Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) Budapest.

Baca juga: Bukan Ibu-ibu, yang Gemar Berebut Rendang adalah Indonesia dan Malaysia

Para tamu undangan sambil menikmati hidangan juga dimanjakan dengan alunan musik gamelan yang dibawakan oleh Topong Bang, kelompok gamelan asuhan KBRI Budapest yang para pemainnya adalah warga negara Hongaria pecinta budaya Indonesia.

Di akhir acara, para tamu undangan mendapatkan berbagai door prize dimana door prize utamanya adalah tiket pulang pergi ke Bali untuk dua orang beserta akomodasinya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com