Share this page

Magelang Rasa Ubud, Cuma di Terasering Kajoran

Kompas.com - 7/Oct/2019 , 19:33 WIB

Magelang Rasa Ubud, Cuma di Terasering Kajoran

KOMPAS.com - Bicara soal Kota Magelang tentu tidak bisa dilepaskan dari Candi Borobudur. Padahal, kota ini memiliki banyak destinasi yang tidak kalah apiknya. Salah satunya adalah sebuah kecamatan bernama Kajoran.

Coba saja cari Kajoran di mesin pencari, bisa dipastikan jarang menemukan ulasan. Padahal banyak yang wisatawan lakukan di sini.

Salah satu aktivitas yang kini tengah gencar dipromosikan adalah menikmati hamparan sawah bertingkat milik warga sekitar Kajoran. Pemandangan seperti ini mengingatkan kita pada kawasan Ubud di Pulau Bali. 

Seperti halnya Ubud, terasering di Kajoran juga tertata rapi. Jika datang menjelang musim panen, wisatawan akan disambut oleh padi merunduk yang mulai menguning. Sedangkan jika datang saat masa tanam, mata kita akan dimanjakan dengan hijaunya padi yang subur.

Satu lagi yang membuat wisatawan enggan beranjak dari Kajoran adalah udaranya yang sejuk. Belum lagi masyarakatnya sangat ramah dan terbuka terhadap tamu-tamu yang datang.

Kajoran sendiri merupakan salah satu kecamatan di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Kecamatan ini terdiri dari 29 desa. Letaknya berada sekitar 30 km dari Mungkid, Ibu Kota Magelang. Jadi memang bisa dibilang letaknya agak terpencil.

Tapi, justru karena letaknya yang agak jauh dari peradaban modern itulah yang menjadi magnet. Pengunjung benar-benar diajak untuk mengenal kehidupan masyarakat desa yang berada di kaki Gunung Sumbing tersebut.

Salah satu desa yang ditetapkan pemerintah sebagai pusat wisata adalah Desa Sutopati. Kita bisa ikut menggarap sawah dengan para petani, ikut beternak kerbau, sapi, dan kambing dengan para peternak, hingga mandi di air terjun yang menyegarkan tubuh. Aktivitas desa yang tak lagi bisa didapatkan di kota metropolitan!

Desa tersebut juga sangat direkomendasikan untuk dijadikan tempat menginap sebelum menjelajahi wilayah Magelang lainnya. Jadi, saat pagi hari Sobat Pesona bisa mengunjungi Candi Borobudur lebih dulu dan barulah menjelang sore merapat ke Kajoran.

Baca artikel lainnya:
Arung Jeram Menantang di Kali Elo Magelang

Legenda Jaka Tarub di Air Terjun Sekar Langit

Punthuk Setumbu, Suguhkan Pagi Spektakuler di Borobudur

Masih banyak desinasi indah lainnya di luar Magelang. Cari tahu informasinya lewat Pesona Indonesia.

KOMENTAR

Lihat Keajaiban Lainnya