Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tips Melihat Kristal Es seperti Salju di Gunung Gede

Kompas.com - 08/10/2019, 06:00 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Fenomena embun membeku (frost) dan terlihat seperti salju tipis bisa ditemukan di beberapa gunung di Indonesia. Salah satu gunung terdekat dari Jakarta yaitu Gunung Gede sepanjang musim kemarau tahun ini terjadi fenomena embun membeku.

Bila ingin mencoba melihat embun membeku menjadi kristal es di Gunung Gede, ada beberapa tips yang bisa kamu perhatikan. Berikut tipsnya.

1. Perhatikan musim

Fenomena embun membeku di Gunung Gede biasa terjadi pada musim kemarau. Kepala Seksi Pemanfaatan dan Pelayanan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, Syafuddin mengatakan fenomena kristal es biasanya terjadi di puncak musim kemarau yaitu bulan Agustus - Oktober.

"Suhu bisa -3 derajat, rata-rata 3 derajat," kata Syafuddin saat dihubungi Kompas.com, Senin (7/10).

2. Kemah di Suryakencana

Salah satu tempat terbaik untuk melihat kristal es yaitu di padang savana Suryakencana. Embun-embun yang membeku akan terlihat menghampar luas di Suryakencana.

3. Bangun pagi hari

Fenomena padang es muncul di gunung gede, Minggu (6/10/2019)APGI / Ade Wahyudi Fenomena padang es muncul di gunung gede, Minggu (6/10/2019)

Waktu terbaik untuk melihat kristal es yaitu pada pagi hari sebelum matahari mulai terbit sempurna. Perkiraan waktu yang tepat adalah mulai pukul 05.00 WIB.

Saat matahari mulai meninggi, kristal es akan mencair. Cairnya kristal es lantaran paparan panas matahari.

4. Persiapkan jaket

Hamparan padang es di gunung gede merupakan fenomena langka karena lebih luas, Minggu (6/10/2019)APGI / Ade Wahyudi Hamparan padang es di gunung gede merupakan fenomena langka karena lebih luas, Minggu (6/10/2019)

Pada puncak musim kemarau, suhu akan turun hingga minus. Syafuddin mengatakan suhu terendah bisa mencapai -3 derajat di kawasan Gunung Gede pada malam hari hingga jelang matahari terbit.

Jaket dengan sistem layering bisa membantu menjaga tubuh dari kedinginan. Mulailah dengan long john pada lapisan pertama lalu jaket pollar dan terakhir wind breaker.

5. Siapkan kamera

Momen kristal es tentu sayang dilewatkan karena tak selalu muncul. Siapkan kamera untuk mengabadikan momen kristal es saat kamu mendaki gunung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com