Pendakian Gunung Pakuwaja Dibatasi 150 Orang Per Bulan

Kompas.com - 08/10/2019, 19:05 WIB
Batu vertikal di kawasan puncak Gunung Pakuwaja yang konon merupakan Paku Pulau Jawa. KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYABatu vertikal di kawasan puncak Gunung Pakuwaja yang konon merupakan Paku Pulau Jawa.

WONOSOBO, KOMPAS.com – Gunung Pakuwaja di Kabupaten Wonosobo Jawa Tengah memiliki keunikan berupa sebuah batu vertikal raksasa setinggi sekitar 50 meter yang konon merupakan paku Pulau Jawa.

Gunung Pakuwaja menjadi alternatif tempat pendakian di Kabupaten Wonosobo yang masih sepi. Biasanya pendaki naik di beberapa gunung seperti Prau, Sumbing, atau Sindoro yang beberapa basecamp-nya ada di Wonosobo.

Baca juga: Gunung Pakuwaja Wonosobo, Konon Tempat Paku Pulau Jawa Berada

Gunung Pakuwaja tak terlalu tinggi. Ketinggiannya tidak sampai 3.000 meter di atas permukaan laut (mdpl), tepatnya 2.421 mdpl. Meski demikian, keindahan panorama dari ketinggian tetap tersaji dari sana.

Gunung Pakuwaja tepatnya berada di Desa Parikesit, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Basecamp pendakiannya tidak jauh dari Basecamp Gunung Prau via Patak Banteng.

Pendakian Gunung Pakuwaja yang dibatasi hanya 150 orang per bulan

Lokasi batu vertikal raksasa yang konon merupakan Paku Pulau Jawa itu juga menarik minat banyak pendaki.

Kondisi Gunung Pakuwaja yang masih cenderung sepi dibanding gunung-gunung lain di kawasan Wonosobo dan Dataran Tinggi Dieng juga menjadi daya tarik tersendiri.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X