Rute Menuju Basecamp Gunung Pakuwaja dan Harga Tiketnya

Kompas.com - 09/10/2019, 09:45 WIB
Batu vertikal di Gunung Pakuwaja yang konon Merupakan Paku Pulau Jawa. KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYABatu vertikal di Gunung Pakuwaja yang konon Merupakan Paku Pulau Jawa.

WONOSOBO, KOMPAS.com – Bagi mereka yang hobi mendaki gunung, tentu menjelajah puncak-puncak baru merupakan aktivitas menyenangkan. Jika sedang mencari puncak untuk dijelajah, maka Gunung Pakuwaja bisa menjadi pilihan.

Gunung ini memang tidak terlalu tinggi. Ketinggiannya hanya sekitar 2.421 meter di atas permukaan laut.

Baca juga: Gunung Pakuwaja Wonosobo, Konon Tempat Paku Pulau Jawa Berada

Namun terdapat satu keunikan di Gunung Pakuwaja, yakni sebuah batu vertikal raksasa setinggi sekitar 50 meter. Batu itu konon merupakan paku Pulau Jawa.

Puncak Gunung Pakuwaja bisa dicapai dari Basecamp Pendakian Gunung Pakuwaja yang berada di Desa Parikesit, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah.

Menuju Basecamp Pendakian Gunung Pakuwaja

Mungkin Gunung Pakuwaja masih belum begitu dikenal oleh kebanyakan pendaki gunung di Indonesia, begitu pula basecamp-nya.

Bagi mereka yang hendak mendaki Gunung Pakuwaja, lokasi basecamp pendakiannya sebenarnya cukup mudah untuk dijangkau. Letaknya ada di Desa Parikesit.

Desa Parikesit berada dekat dengan Basecamp Pendakian Gunung Prau via Patak Banteng. Jaraknya hanya sekitar 700 meter saja.

Gerbang masuk ke Kawasan Dieng Plateau.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Gerbang masuk ke Kawasan Dieng Plateau.

Jika ditempuh dari Kota Wonosobo, maka Basecamp Pendakian Gunung Pakuwaja berada sebelum Basecamp Pendakian Gunung Prau.

Usai gapura bertuliskan Kawasan Dieng Plateau, akan ada sebuah gang di kiri jalan dengan tulisan Gerbang Desaku Parikesit. Ada pula plang penunjuk jalan bertuliskan Selamat Datang di Basecamp Gunung Pakuwaja.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X