4 Koleksi Unik di Museum Bahari yang Buat Kamu Cinta Sejarah

Kompas.com - 09/10/2019, 19:00 WIB
Tampak depan Museum Bahari yang terletak di Jalan Pasar Ikan Nomor 1 Sunda Kelapa, Penjaringan, Jakarta Utara, Selasa (8/10/2019) Nicholas Ryan AdityaTampak depan Museum Bahari yang terletak di Jalan Pasar Ikan Nomor 1 Sunda Kelapa, Penjaringan, Jakarta Utara, Selasa (8/10/2019)


JAKARTA, KOMPAS.comMuseum Bahari adalah museum yang menyimpan koleksi kebaharian dan kenelayanan bangsa Indonesia dari Sabang sampai Merauke. Museum ini beralamat di Jalan Pasar Ikan Nomor 1 Sunda Kelapa, Penjaringan, Jakarta Utara.

Museum yang sudah berusia 300 tahun ini menyimpan begitu banyak sejarah kemaritiman Indonesia.

Mulai dari zaman VOC bangunan museum sempat dijadikan gudang rempah, hingga kini memuat berbagai koleksi kemaritiman dari berbagai daerah di Indonesia.

Baca juga: Sejarah Museum Bahari, dari Gudang Rempah hingga Penyimpanan Senjata

Namun, tahukah kamu terdapat 4 koleksi unik yang menjadi primadona Museum Bahari ini? Konon, tiga koleksi ini memiliki cerita yang menarik wisatawan untuk melihatnya.

Menurut pemandu wisata Museum Bahari, Sukma Wijaya, 4 koleksi ini di antaranya, Meriam VOC, Kapal Jukung Barito, rangka perahu Phinisi, dan koleksi rempah dari berbagai daerah di Indonesia. Simak lengkapnya, berikut ini.

Koleksi meriam VOC yang ada di Museum Bahari, Jakarta, Selasa (8/10/2019)Nicholas Ryan Aditya Koleksi meriam VOC yang ada di Museum Bahari, Jakarta, Selasa (8/10/2019)

1. Meriam VOC

Tak banyak orang yang tahu bahwa di Museum Bahari juga terdapat Meriam VOC. Museum Bahari memang dikenal sebagai museum yang menyimpan koleksi maritim dari berbagai daerah di Indonesia.

Meriam atau kanon adalah sejenis artileri, yang umumnya berukuran besar dan berbentuk tabung, dan menggunakan bubuk mesiu atau bahan pendorong lainnya untuk menambahkan proyektil.

Meriam memiliki bermacam-macam ukuran kaliber, jangkauan, sudut temak, dan daya tembak. Lebih dari satu jenis Meriam umumnya diguanakan dalam medan pertempuran.

Sekadar informasi, Meriam peninggalan VOC termasuk koleksi terlama di Museum Bahari. Meriam pada zaman VOC biasanya dilengkapi ukiran lambang VOC dan ukiran huruf yang merupakan inisial dari koleksi asal Meriam.

Museum Bahari memiliki 6 koleksi Meriam VOC yang semuanya terawat di Gedung A museum.

Koleksi unik di Museum Bahari yaitu Jukung Barito, berupa perahu dagang di Pasar Apung, Kalimantan Selatan, Selasa (8/10/2019)Nicholas Ryan Aditya Koleksi unik di Museum Bahari yaitu Jukung Barito, berupa perahu dagang di Pasar Apung, Kalimantan Selatan, Selasa (8/10/2019)

2. Kapal Jukung Barito

Koleksi unik kedua ini dikenal dengan nama Jukung Barito atau nama lainnya Jukung Hawai. Jukung Barito merupakan koleksi yang berasal dari Kalimantan Selatan.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X