Tak Cuma Empal Gentong dan Nasi Jamblang, Coba Nasi Lengko di Cirebon

Kompas.com - 10/10/2019, 06:00 WIB
Nasi lengko khas Cirebon yang ada di Empal Gentong H. Apud, Cirebon. KOMPAS.COM/MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIANasi lengko khas Cirebon yang ada di Empal Gentong H. Apud, Cirebon.

KOMPAS.com - Bosan makan empal gentong atau nasi jamblang saat berkunjung ke Cirebon? Cobalah makanan khas lain Cirebon yakni nasi lengko.

Nasi lengko banyak juga disebut pecelnya Cirebon, Jawa Barat. Makanan ini terdi dari nasi yang diberi aneka sayuran rebus disiram samval kacang. Namun tentu ada perbedaan nasi pecel dan nasi lengko.

Salah satu rumah makan nasi lengko legemdaris di Cirebon adalah Nasi Lengko Haji Barno di Jalan Pagongan Nomor 15 B, Cirebon. Rumah makan ini buka sejak 1976.

"Sayur untuk nasi lengko ini ada tauge dan timun, terus potongan tempe dan tahu. Kalau di sini (RM Haji Barno) ciri khasnya pakai kucai, di tempat lain beda-beda," Kata Agus, karyawan di RM Nasi Lengko Haji Barno saat ditemui di Merapah 5 Warisan Budaya Batik, Senin (7/10/2019).

Baca juga: Nasi Lengko, Legenda di Universitas Brawijaya yang Bikin Kangen

Generasi ketiga RM Nasi Lengko Haji Barno, Abdul menyarankan untuk menyantap nasi lengko caranya sayuran, sambal kacang, dan nasi diaduk dengan merata. Jika terasa kurang manis, bisa menambahkan kecap.

Di RM Nasi Lengko Haji Barno kecap yang ditaruh di setiap meja makan adalah kecap khas Cirebon, merek Matahari. Kecap yang tidak terlalu manis dan kental ini terasa pas jika disantap dengan sambal kacang yang rasanya tidak medok.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X