Share this page

Golden Time di Goa Terawang

Kompas.com - 11/Oct/2019 , 19:23 WIB

Golden Time di Goa Terawang

KOMPAS.com -  Goa Terawang, dikenal juga dengan Goa Srawang, adalah salah satu lokasi wisata yang harus Sobat Pesona kunjungi, terutama yang suka petualangan. Lokasinya berada di Kecamatan Todanan, Desa Kedungwungu, Blora, Jawa Tengah.

Untuk bisa mencapai Goa Terawang, Sobat Pesona bisa melalui rute Semarang-Purwodadi-Wirosaei ke Kabupaten Blora. Akses jalannya sangat mudah karena jalanan sudah diaspal.

Selama perjalanan, Sobat Pesona bisa menikmati banyak pohon jati yang berjejer rapi di area Pegunungan Kapur Utara. Lokasi Goa Terawang juga mudah ditemui, karena berada tepat di tepi jalan.

Goa Terawang merupakan komplek yang terdiri dari enam buah goa dalam satu kawasan seluas 13 hektare itu.

Di dalamnya terdapat satu goa induk, satu berukuran sedang dan lainnya berukuran lebih kecil.

Sebagai lokasi wisata, wisatawan bisa menyusuri area Terawang 1 hingga Terawang 5. Sebagai penelusuran awal, Sobat Pesona harus menuruni anak tangga sejauh 15 meter. Dimulai dari Goa Terawang 1 yang paling luar hingga Goa Terawang 5 yang paling dalam.

Di dalam Goa Terawang, Sobat Pesona akan menemukan gua lainnya, mulai dari Goa Kuncir, Goa Manggah, Goa Gombak, Goa Bebek dan Goa Macan. Setiap goa memiliki ciri tersendiri.

Jalur goa mencapai 190 meter dengan kedalaman 5 hingga 11 meter di bawah permukaan tanah. Di dalamnya terdapat stalagmit dan stalaktit yang diperkirakan berusia lebih dari 10 juta tahun lamanya.

Pada langit-langit goa terdapat beberapa lubang alami dengan berbagai ukuran. Lubang ini seperti menjadi jendela di dalamnya, sehingga sinar matahari dapat masuk ke dalam.

Jika Sobat Pesona datang saat Golden Time, maka bisa menyaksikan keindahan cahaya atau siluet yang sempurna masuk ke dalam goa.

Udara yang masuk dari lubang ini juga membuat udara di dalam goa tidak terlalu lembab. Dari lubang ini, kita bisa melihat pohon jati yang memang tumbuh subur di area luar.

Di masa kerajaan

Pada masa kerajaan dulu, Goa Terawang digunakan sebagai tempat bertapa untuk memperoleh kekuatan gaib. Lalu, pada masa pemerintahan Belanda, goa ini sering dijadikan untuk tempat pertemuan pejabat-pejabat Belanda dengan Bupati Blora saat itu.

Kini, Goa Terawang menjadi destinasi wisata yang cukup dimintai oleh wisatawan lokal dan dari luar daerah. Area gua juga terus dikembangkan dengan adanya warung-warung dan area permainan anak-anak.

Di sekitar area goa juga terdapat banyak perumahan warga yang masih berbentuk rumah adat jawa tempo dulu, dengan dinding kayu dan atap yang tinggi. Tema rumah adat tempo dulu juga terlihat pada pintu masuk Goa Terawang.

Baca artikel lainnya:

Berburu Tetesan Air Awet Muda di Gua Gelatik

Gua Lalay, Keindahan Tersembunyi di Banten

Gua Gajah, Peribadatan Hindu dan Budha Yang Memesona

Selami keindahan Indonesia lewat destinasi yang lainnya. Cari informasinya melalui Pesona Indonesia.

KOMENTAR

Lihat Keajaiban Lainnya