Karaksa Media Partner adalah media online penyedia berita terkini seputar Jepang dari sumber terpercaya, “Japan Walker”. Kami akan menyampaikan berita seputar Jepang terkini dari semua genre, seperti kuliner, produk & tren terbaru, festival musiman, tempat hangout, hidden spot, dan masih banyak lainnya.

Mengenal Kunai di Museum Ninja Pertama Jepang

Kompas.com - 12/10/2019, 08:04 WIB
Nicholas Ryan Aditya,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.comKunai merupakan salah satu alat yang dipakai ninja selain shuriken atau bintang ninja. Ninja merupakan orang yang menggunakan Ninjutsu ketika berperang.

Ninjutsu bukan seni bela diri, melainkan seni perang asli yang dikembangkan terutama di Iga, Prefektur Mie, dan Koka, Prefektur Shiga.

Kunai adalah alat pisau yang digunakan ninja untuk menggali tanah. Kunai termasuk alat lain yang digunakan ninja sebagai alternatif.

Dilansir situs iganinja.jp dikatakan bahwa senjata yang paling terkenal dari ninja adalah shuriken atau bintang ninja. Namun, nyatanya ninja tidak sering menggunakan alat itu.

Baca juga: Liburan ke Jepang, Bisa Ikut Sekolah Ninja!

Ini dikarenakan apabila seseorang membawanya maka identitas seorang ninja akan diketahui ketika mereka dihentikan atau razia di tengah jalan.

Pekerjaan ninja sebenarnya dibagi menjadi dua kategori utama yaitu spionase dan strategi. Spionase mirip dengan pekerjaan mata-mata modern. Seseorang dengan hati-hati mengumpulkan intelijen tentang musuh dan menganalisis kekuatan militernya.

Sementara kegiatan strategis adalah keterampilan yang mengurangi kekuatan militer musuh. Sekadar diketahui, ninja tidak melawan musuh yang kuat sendirian.

Ninja bertarung melawan musuh setelah mereka mengurangi kekuatan militer musuh.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com