Festival Menipo Digelar di NTT, Akhir Oktober hingga 12 November

Kompas.com - 15/10/2019, 18:00 WIB
Lokasi Taman Wisata Alam (TWA) Menipo di Desa Enoraen, Kecamatan Amarasi Timur, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) Dokumen Abdon Amfoni, TWA MenipoLokasi Taman Wisata Alam (TWA) Menipo di Desa Enoraen, Kecamatan Amarasi Timur, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT)


KUPANG, KOMPAS.com - Festival Menipo akan digelar di kawasan Taman Wisata Alam (TWA) Menipo di Desa Enoraen, Kecamatan Amarasi Timur, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) pada akhir Oktober hingga pertengahan November 2019 mendatang.

"Puncak perayaan Festival Menipo akan digelar pada 12 November 2019 mendatang," kata Kepala Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) NTT Timbul Batubara, dalam jumpa pers dengan sejumlah wartawan di Kupang, Senin (14/10/2019).

Dalam festival ini lanjut Timbul, akan digelar sejumlah perlombaan yang dimulai sejak 18 Oktober 2019.

Festival ini, akan diisi dengan kegiatan pengembangan ekonomi kreatif, lomba fotografi, lomba melukis, lomba mewarnai untuk siswa TK dan SD dan pembentukan keluarga ekologis di TWA Menipo.

Selanjutnya, pembuatan jalur hijau dengan penanaman pohon bebuahan di wilayah daerah penyangga Desa Enoraen, kemudian karnaval Menipo di kegiatan car free day dan puncak Festival Menipo.

Baca juga: Menikmati Sunset di Pantai Tablolong Kupang

Tujuan festival ini kata Timbul adalah untuk menggugah kesadaran sikap, perilaku dan partisipasi masyarakat, serta peran kelompok adat, agama dan pemerintah, dalam peningkatan pengelolaan ekowisata di TWA Menipo.

Dengan melengkapi sarana dan prasarana pendukung diharapkan berdampak pada adanya kunjungan wisatawan domestik maupun asing yang berkunjung ke TWA Menipo secara berkesinambungan.

Menurut Timbul, pengembangan ekowisata ini berbasis tiga pilar yakni adat, agama dan pemerintah.

"Artinya, dalam peranan atau tindakan, standar operasional dan prosedur serta resourcesnya berasal dari tiga pilar itu,"ujar Timbul.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X