8 Makanan Khas Indramayu yang Siap Menggoyang Lidah

Kompas.com - 15/10/2019, 22:09 WIB
Suasana upacara ngarot, tradisi menjelang musim tanam, di Desa Lelea, Kecamatan Lelea, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, Rabu (25/11/2015). Ribuan orang memadati desa itu untuk menyaksikan tradisi yang telah berlangsung sejak abad ke-16 Masehi itu.
KOMPAS/ABDULLAH FIKRI ASHRISuasana upacara ngarot, tradisi menjelang musim tanam, di Desa Lelea, Kecamatan Lelea, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, Rabu (25/11/2015). Ribuan orang memadati desa itu untuk menyaksikan tradisi yang telah berlangsung sejak abad ke-16 Masehi itu.


KOMPAS.com - Indramayu merupakan kabupaten yang berada bagian utara provinsi Jawa Barat yang berbatasan langsung dengan Laut Jawa. Selain tempat wisatanya yang beragam, Indramayu menyimpn banyak kuliner khas yang bisa menggoyang lidah.

Baca juga: Hilangkan Penat Saat Mudik, Mampir ke Dua Pantai Cantik di Indramayu

Kuliner khas Indramayu patut untuk dijelajahi lebih dalam. Berikut ini daftar makanan Indramayu yang harus dicoba.

1. Nasi Lengko

Lengko atau orang menyebutnya dengan nasi lengko adalah makanan yang menggunakan bahan dasar nasi, yang ditambah dengan sayuran lainnyadok. Istimewa Lengko atau orang menyebutnya dengan nasi lengko adalah makanan yang menggunakan bahan dasar nasi, yang ditambah dengan sayuran lainnya

Jika di daerah Jawa Timur punya nasi pecel yang sering dijadikan santapan pagi, di Indramayu punya nasi lengko.

Nasi lengko adalah makanan yang menggunakan bahan dasar nasi, yang ditambah dengan sayuran lainnya. Di Indramayu sendiri kuliner tersebut dijadikan sebagai menu sarapan.

Bahan pelengkap yang biasanya ditambahkan pada kuliner yang satu ini, antara lain tahu goreng, tempe goreng, dan beberap jenis sayuran lainnya, seperti mentimun mentah yang diiris taoge yang telah direbus.

Baca juga: Hilangkan Penat Saat Mudik, Mampir ke Dua Pantai Cantik di Indramayu

Tidak lupa ditambah daun kucai yang dipotong-potong kecil sebagai penambah cita rasa agar semakin nikmat.

Bumbu atau saus yang digunakan adalah kuah kacang yang bentuknya mirip dengan rujak atau pecel. Nasi lengko bisa langsung disantap tanpa makanan pendamping atau ditambah dengan sate kambing agar lebih nikmat.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X