Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Fakta dan Sejarah Vending Machine di Jepang

Kompas.com - 16/10/2019, 10:07 WIB
Ni Putu Dinanty,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

Sumber Telegraph

JAKARTA, KOMPAS.comJepang menjadi salah satu negara terbanyak yang memiliki mesin penjual otomatis (vending machine) di seluruh dunia. Sekitar 4,2 juta mesin penjual otomatis tercatat dilaporkan hadir di hampir setiap sudut jalan di Jepang.

Beragam pilihan makanan dan minuman dijual di mesin penjual otomatis.

Sebagian besar mesin itu menjual minuman yang disesuaikan dengan musimnya seperti teh panas, kopi, dan sup jagung yang dijual di musim dingin hingga jus anggur jeli, air energi, dan es teh yang dijual di musim panas.

Tak hanya terbatas pada makanan dan minuman, sebagian besar mesin penjual juga menjual produk-produk seperti rokok, es krim, payung, mainan, dasi dan kemeja pegawai putih.

Baca juga: Jepang Serba Mahal? Ini 5 Hal yang Murah di Jepang

Selain itu, terdapat mesin penjual otomatis unik yang menjual telur, beras, kedelai fermentasi dan ikan bakar. Beberapa mesin juga menjual pakaian dalam di sudut-sudut jalan Tokyo.

Tahun lalu, terjadi kehebohan media di Hiroshima ketika mesin penjual pizza pertama di Jepang dibuka di sebuah jalan di kota.

Pizza di mesin itu menggunakan adonan buatan tangan di Venesia sehingga menyebabkan antrean panjang dan muncul berbagai ulasan positif tentang mesin ini.

Sementara itu, pengunjung Nobeoka di Miyazaki selatan dapat menikmati suguhan novel lainnya. Kota ini sekarang menjadi rumah bagi tiga mesin penjual yang menjual ubi jalar panggang (makanan populer yang dikenal sebagai yakiimo di Jepang).

Halaman Berikutnya
Halaman:
Sumber Telegraph
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com