4 Event Wisata Bangka Belitung Masuk Top 100 Calender of Event 2020

Kompas.com - 16/10/2019, 18:32 WIB
Jalan Raya Jenderal Soedirman, Toboali, Bangka Selatan. KOMPAS.com / WAHYU ADITYO PRODJOJalan Raya Jenderal Soedirman, Toboali, Bangka Selatan.

JAKARTA, KOMPAS.com - Empat event pariwisata di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) masuk ke dalam Calender Of Event (CoE) Wonderful Indonesia 2020. Adapun empat acara tersebut adalah Toboali City On Fire Season, Festival Tanjung Kelayang, Sungailiat Triathlon dan Jelajah Pesona Jalur Rempah.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Rivai mengatakan bahwa empat atraksi Babel yang lolos merupakan bagian dari sepuluh atraksi wisata yang diminta oleh Kementerian Pariwisata.

“Alhamdulilah, khusus dari Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dari tahun ke tahun mengalami penambahan,” ujar Rivai dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Rabu (16/10/2019).

Menurut Rivai, 10 event yang diminta Kementerin Pariwisata tersebut adalah Toboali City On Fire, Festival Tanjung Kelayang, Bangka Culture Wave, Sungailiat Triathlon, Jelajah Pesona Jalur Rempah, Festival Jiran Nusantara, Ngembarik de Belitong Timor, Festival Karang Lintang, Pesona Belitung Beach Festival dan Belitung Creative Week.

Baca juga: Nganggung Dulang, Tradisi Makan Bersama dari Bangka Belitung

Pada tahun 2018, ada dua event yang masuk dalam daftar CoE Wonderful Indonesia yakni Festival Tanjung Kelayang dan Bangka Culture Wave. Tahun 2019 bertambah satu yakni Toboali City On Fire.

"Dan Alhamdulilah hari ini bertambah lagi satu yakni menjadi empat event yaituToboali City On Fire Season, Festival Tanjung Kelayang, Sungailiat Triathlon dan Jelajah Pesona Jalur Rempah," tambah Rivai.

Tradisi Nganggung Dulang masyarakat Toboali, Bangka Selatan, Bangka Belitung seusai Toboali Fashion Carnaval 2017 di Rumah Dinas Bupati Bangka Selatan di Toboali, Minggu (30/7/2017).KOMPAS.COM/WAHYU ADITYO PRODJO Tradisi Nganggung Dulang masyarakat Toboali, Bangka Selatan, Bangka Belitung seusai Toboali Fashion Carnaval 2017 di Rumah Dinas Bupati Bangka Selatan di Toboali, Minggu (30/7/2017).

Ia berharap dukungan Kementerian Pariwisata dapat meningkatkan kualitas event melalui peningkatan kriteria penilaian. Adapun kriteria ditetapkan oleh Kementerian Pariwisata yakni setiap eventharus memiliki nilai budaya/kreatif, nilai komersil dan nilai komunikasi/media.

Menteri Pariwisata, Arief Yahya mengatakan bahwa CoE Wonderful Indonesia 2020 merupakan salah satu program strategis Kementerian Pariwisata untuk mempromosikan daya tarik wisata di Indonesia.

“Calender Of Event Wonderful Indonesia diharapkan mampu untuk meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) maupun wisatawan nusantara (wisnus) ke Tanah Air. Melalui media ini, wisman maupun wisnus dapat mengetahui jadwal event wisata maupun budaya sepanjang tahun 2020 mendatang,“ ujar Arief.

Baca juga: Mudik ke Belitung, Ini 5 Makanan Khas yang Tak Boleh Dilewatkan

Arief menuturkan penyelenggaraan event-event di Indonesia diharapkan memiliki standar nasional dan internasional yang meliputi tiga aspek yakni koreografi, penataan musik maupun kostum dan busana.

“Event yang diusulkan oleh 34 provinsi kemudian dikurasi oleh Tim Kurator Kemenpar RI yang kemudian ditetapkan sebagai 100 CoE Wonderful Indonesia 2020. Nantinya Kemenpar akan melakukan pendampingan terhadap 100 event yang masuk dalam CoE 2020,” ujar Arief.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X