Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pendakian Gunung Merapi Ditutup, Ini 4 Obyek Wisata Alternatif Selain Mendaki

Kompas.com - 17/10/2019, 07:05 WIB
Nicholas Ryan Aditya,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Status Gunung Merapi yang masih waspada dan munculnya awan panas Senin 14 Oktober 2019 mengakibatkan jalur pendakian ditutup untuk batas waktu yang belum ditentukan.

Bagi pendaki gunung, hal ini akan membuat mereka menunda waktu untuk wisata alam di Puncak Gunung Merapi.

Baca juga: Akhir Pekan di Yogyakarta, 5 Tempat Wisata Sekitar Gunung Merapi

Namun jangan bersedih, karena Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM) masih memiliki wisata alam alternatif lainnya. Penyuluh Kehutanan Pertama TNGM, Khamdan Primandaru mengatakan ada empat Objek Wisata Alam (OWA) lain di kawasan Taman Nasional Gunung Merapi yang bisa dikunjungi.

Berikut empat OWA yang bisa jadi tempat liburan alternatif kamu di Taman Nasional Gunung Merapi.

1. OWA Tlogo Muncar dan Nirmolo

Wisata di Obyek Wisata Alam (OWA) Kali Kuning di area Taman Nasional Gunung Merapi.Dok. Taman Nasional Gunung Merapi Wisata di Obyek Wisata Alam (OWA) Kali Kuning di area Taman Nasional Gunung Merapi.

Obyek Wisata Alam satu ini berada di Kaliurang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Tlogo Muncar terkenal dengan objek wisata air terjunnya yang mempesona. Untuk menuju ke sana kamu harus menaiki tangga batu terlebih dulu.

Ketika menaiki tangga, kamu akan disambut oleh monyet ekor panjang yang merupakan satwa asli penghuni TNGM. Satwa tersebut juga menjadi daya tarik tersendiri bagi wisata alam TNGM.

Trekking, pengamatan burung atau satwa, camping dan lain-lain. Kadang ada juga yang outbond, malam keakraban, kegiatan Pramuka, wisata keluarga, dan wisata edukasi,” kata Khamdan.

Baca juga: 6 Tempat untuk Menikmati Suasana Gunung Merapi

Jangan takut kehausan dan kelaparan, karena sepanjang perjalanan menuju air terjun selalu terdapat pedagang yang dapat menghilangkan rasa haus dan laparmu lewat makanan dan minumannya.

Datang saat musim penghujan bisa menjadi pilihan karena kamu bisa keindahan dan merasakan kesejukan air terjun.

Sementara itu Nirmolo Kaliurang juga menjadi obyek wisata andalan di TNGM. Tempat ini menjadi pintu masuk menuju Goa Jepang.

Untuk menjelajahinya kamu harus melewati jalan setapak menaiki tangga dan membutuhkan waktu sekitar 30-45 menit. Waktu berkunjungnya mulai pukul 08.00 hingga 16.00 WIB.

2. Jurang Jero, Srumbung, Magelang, Jawa Tengah

Aktivitas jeep di Jurang Jero di area Taman Nasional Gunung Merapi.Dok. Taman Nasional Gunung Merapi Aktivitas jeep di Jurang Jero di area Taman Nasional Gunung Merapi.

Jika kamu ingin menikmati pemandangan yang eksotis dan hawa yang sejuk, kamu wajib ke Jurang Jero Srumbung, Magelang. Wisata ini berlokasi di Desa Ngargosoko, Kecamatan Srumbung, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Jurang Jero memiliki tutupan vegetasi yang cukup panjang. Tempat ini didominasi oleh pohon pinus merkusi. Selain itu masyarakat juga memanfaatkannya sebagai tempat menanam rumput kolonjono.

Baca juga: Informasi Jalur hingga Tiket Pendakian Gunung Merapi, Simak di Sini...

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com