Mampir ke Candi Cetho, Candi Hindu di Lereng Gunung Lawu

Kompas.com - 17/10/2019, 19:00 WIB
Candi Cetho di Karanganyar, Jawa Tengah. Kompas.com/Silvita AgmasariCandi Cetho di Karanganyar, Jawa Tengah.

 KOMPAS.com - Candi Cetho di Karanganyar, Jawa Tengah dapat menjadi alternatif wisata pilihan saat berkunjung ke Solo, Jawa Tengah. Dari Solo Candi Cetho dapat ditempuh selama 1,5 jam berkendara, seperti yang Kompas.com lakukan dalam perjalanan Merapah Lima Warisan Budaya Batik. 

Lokasinya yang berada di lereng Gunung Kawu juga dapat memberi suasana berbeda dari suasana perkotaan. Apalagi sepanjang perjalanan menuju candi, hamparan kebun teh menyejukkan pemandangan.

Candi Cetho sendiri merupakan candi bercorak hindu. Dari keterangan tertulis Candi Cetho bagi wisatawan, dijelaskan ada sebuah prasasti yang ditemukan di dinding gapura.

Baca juga: 5 Tempat Nongkrong di Solo yang Instagramable

Prasasti tersebut bertuliskan huruf Jawa Kuno, "Pelling padamel irikang buku tirtasunya hawakira ya hilang saka kalanya wiku goh anaut iku 1397,"

Dari tulisan di prasasti tersebut dapat ditafsirkan Candi Cetho adalah tempat peruwatan atau tempat untuk membebaskan dari kutukan dan didirikan pada 1397 Saka (tahun 1475 Masehi).

Arca berbentuk alat kelamin pria dan wanita di Candi Cetho di Karanganyar, Jawa Tengah.Kompas.com/Silvita Agmasari Arca berbentuk alat kelamin pria dan wanita di Candi Cetho di Karanganyar, Jawa Tengah.
Memasuki komplek Candi, pengunjung akan melihat 13 teras yang terus meninggi menuju puncak Gunung Lawu. Simbol-simbol mitologi dari arca dapat dilihat oleh pengunjung dalam kondisi yang sangat baik.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X