Share this page

Memandang Padang Rumput Luas Fulan Fehan

Kompas.com - 18/Oct/2019 , 17:29 WIB

Memandang Padang Rumput Luas Fulan Fehan

KOMPAS.com - Pesona alam Nusa Tenggara Timur sungguh menarik untuk dijelajahi. Di sini ada sebuah padang rumput yang sangat indah, namanya Fulan Fehan.

Fulan Fehan ada di sebuah lembah di kaki Gunung Lakaan dengan sabana yang teramat luas. Lokasinya berada sekitar 26 kilometer dari Atambua, tepatnya di Desa Dirun, Kecamatan Lamaknen, Kabupaten Beru.

Saat tiba di sana, Sobat Pesona akan melihat padang rumput yang luas sejauh mata memandang. Mata makin dimanjakan dengan adanya sekelompok kuda yang bebas berkeliaran. Semua itu berpadu dengan langit yang membentang luas. Sungguh pemandangan yang menakjubkan!

Binatang lain, ada juga sapi, kambing, juga kerbau yang sengaja digembalakan. Di sana, ada semacam mata air alami yang menjadi sumber kehidupan bagi para ternak. Mata air ini seperti menyeimbangkan ekosistem di Fulan Fehan.

Uniknya, meski memiliki suhu yang cenderung dingin, mencapai 21 derajat celcius, banyak pohon kaktus yang tumbuh subur di sini. Kaktus-kaktus ini tumbuh di satu wilayah sehingga Sobat Pesona akan mudah menemukannya.

Tak jauh dari Fulan Fehan juga ada beberapa obyek wisata lain yang menarik untuk dikunjungi. Ada Benteng Kikit Gewen yang ditutupi semacam hutan kecil. Dulu, benteng ini digunakan sebagai tempat mengatur strategi.

Ada pula Benteng Rana Hitu atau yang dikenal sebagai Benteng Lapis 7. Benteng ini digunakan saat perang tradisional antar suku di pedalaman Timor (sekarang Timor Leste). Konon, benteng ini dibuat hanya dalam waktu tujuh hari tujuh malam.

Untuk mencapai Fulan Fehan, ada dua rute yang bisa Sobat Pesona pilih. Pertama, melalui Desa Dirun dan kedua, Desa Maudemu. Dari kedua desa ini, wisatawan bisa menuju Fulan Fehan dengan berjalan kaki kurang lebih sejauh 4 kilometer.

Rute menuju Fulan Fehan itu masih dalam tahap pembangunan. Jadi, sementara Sobat Pesona harus berjalan kaki di jalan berbatu.

Untuk bisa menikmati hijaunya rumput Fulan Fehan secara sempurna, waktu terbaik untuk datang ke sini adalah sekitar November hingga April alias pada musim hujan. Saat kemarau, rumput mengering dan suhu sedikit agak panas. Yuk, jadwalkan perjalanan ke Fulan Fehan!

Baca artikel lainnya:

Mengenal Belu, Kabupaten di NTT yang Tak Kalah Indahdi Indonesia

Destinasi Wisata Alam di Perbatasan Atambua

Kefamenanu, Kota Perbatasan Indonesia dan Timor Leste

Nikmati keindahan alam Indonesia dan siap-siap terpesona olehnya. Informasi lengkapnya dapat dicari melalui laman Pesona Indonesia.

KOMENTAR

Lihat Keajaiban Lainnya