Kompas.com - 19/10/2019, 18:05 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Mendekati hari pelantikan Presiden Joko Widodo, banyak yang mulai memperkirakan para menteri pilihan Jokowi untuk periode 2019-2024.

Tak terkecuali di sektor pariwisata. Para stakeholder berharap siapapun menteri yang terpilih akan membawa pariwisata Indonesia menjadi lebih baik.

Aktivitas di industri pariwisata yakni MICE (Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition) atau Pertemuan, Insentif, Konvensi, dan Pameran juga diharapkan dapat lebih disorot untuk masa mendatang.

"Menteri pariwisata yang baru harus mengerti soal tourism secara menyeluruh, bukan hanya melihat dari sisi leisure (wisata) saja, tetapi dari sisi MICE juga," kata Vice Chairman dari Indonesia Convention Anda Exhibition Bureau, Hosea Andreas Runkat dihubungi Kompas.com, Jumat (18/10/2019).

Hosea juga merupakan Chairman Acceleration Team of Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition (MICE) Development dari Kementerian Pariwisata.

Baca juga: Jumlah Wisatawan MICE Indonesia Tahun 2018 ke Korea Meningkat

Menurutnya, MICE punya kekuatan bisnis cukup besar di industri pariwisata. Daya beli turis MICE mencapai 1 banding 5 sampai 1 banding 7, jika dibandingkan turis leisure.

Halaman:
Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.