Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mampir ke Kampung Halaman Jusuf Kalla, Ini 8 Tempat Wisata di Makassar

Kompas.com - 20/10/2019, 18:46 WIB
Yana Gabriella Wijaya,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi


KOMPAS.com - Makassar, kampung halaman mantan Wakil Presiden Indonesia, Jusuf Kalla patut untuk dikunjungi untuk liburan.

Selain terkenal dengan kulinernya seperti pisang epe dan Coto Makassar juga menyimpan pesona alam yang sangat disayangkan jika dilewatkan.

Berada di pesisir Pulau Sulawesi, kota ini populer dengan Pantai Losarinya. Bukan hanya itu ternyata Makassar masih memiliki beragam tempat wisata andalan, berikut enam destinasi wisata di Makassar.

1. Pantai Losari

Warga mengunjungi lokasi wisata Pantai Losari, Senin (2/7/2012). Pantai yang terletak di sebelah barat Kota Makassar ini menjadi tempat bagi warga untuk menghabiskan waktu pada pagi, sore dan malam hari menikmati pemandangan yang indah. KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO Warga mengunjungi lokasi wisata Pantai Losari, Senin (2/7/2012). Pantai yang terletak di sebelah barat Kota Makassar ini menjadi tempat bagi warga untuk menghabiskan waktu pada pagi, sore dan malam hari menikmati pemandangan yang indah.

Pantai yang satu ini memang menjadi ikon ibu kota provinsi Sulawesi Selatan. Ada keunikan dan keistimewaan tersendiri dari Pantai Losari, yaitu wisatawan yang berkunjung ke pantai ini dapat melihat pemandangan indah matahari terbit dan matahari terbenam.

Selama menunggu pemandangan indah tersebut, wisatawan dapat mencoba berbagai ragam masakan laut yang masih sangat segar. Beberapa menu masakan laut yang dapat sepanjang Pantai Losari dapat dicoba seperti, lobster, cumi-cumi dan ikan pari.

Baca juga: Santap Pisang Epe di Tepi Pantai Losari, Ada Pilihan Topping Durian

Harganya pun relatif terjangkau. Selain itu tepat di seberang pntai, wisatawan juga dapat mencoba berbagai makanan khas makassar, seperti pallu butung, pisang epek, pisang ijo, sop konro, coto makassar, dan sebagainya.

Pantai Losari berada di jantung Kota Makassar, tepatnya di Jalan Penghibur. Jalan ini berada di sebelah barat Kota Makassar dari Bandara Hasanuddin menuju Pantai Losari memakan waktu 45 menit.

2. Benteng Rotterdam

Para wisatawan berkumpul di depan tulisan Fort Rotterdam berwarna merah di depan Obyek Wisata Benteng Fort Rotterdam, Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (11/2/2015). Benteng Rotterdam terletak di di pinggir pantai sebelah barat Kota Makassar, Sulawesi Selatan. KOMPAS.com / Wahyu Adityo Prodjo Para wisatawan berkumpul di depan tulisan Fort Rotterdam berwarna merah di depan Obyek Wisata Benteng Fort Rotterdam, Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (11/2/2015). Benteng Rotterdam terletak di di pinggir pantai sebelah barat Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

Siapa yang sangka bahwa Benteng yang berdiri kokoh dan tegak dari tahun 1545 ini awalnya dibangun dari tanah liat dan putih telur.

Benteng Rotterdam atau Fort Rotterdam ini berada tak jauh dari kawasan Pantai Losari. Benteng ini merupakan salah satu peninggalan sejarah Kerajaan Gowa-Tallo yang dibangun pada tahun 1545 oleh raja ke-9.

Jika dilihat dari atas, benteng ini berbentuk seperti penyu yang merangkak ke arah laut. Penyu dipilih karena hewan ini dapat hidup di air dan di darat, hal ini sesuai dengan Kerajaan Gowa-Tallo yang berjaya di lautan maupun daratan.

Baca juga: 5 Kuliner Wajib Coba di Makassar

Atas kedudukan Belanda di Makassar, benteng ini yang awalnya bernama Benteng 'Ujungpandang’ menjadi Fort Rotterdam.

Di dalam obyek wisata ini juga terdapat Museum La Galigo yang berisi koleksi benda-benda sisa kebesaran kerajaan dahulu. Selain itu, ada sebuah ruangan yang diyakini sebagai tempat pengasingan Pangeran Diponegoro.

Lokasi yang berada di Jalan Ujung Pandang, Bulo Gading, Kec. Ujung Pandang, Kota Makassar ini menerima wisatawan buka setiap hari mulai pukul 08.00 sampai 18.00 dan gratis.

Untuk museum, Anda dikenakan biaya tiket masuk sebesar 7.500 Rupiah per orang, Museum La Galigo buka setiap Selasa – Minggu, mulai pukul 08:00 sampai 12:30.

3. Air Terjun Bantimurung

Pengunjung Taman Nasional (TN) Bantimurung melakukan terapi air terjun.KOMPAS.com/Hendra Cipto Pengunjung Taman Nasional (TN) Bantimurung melakukan terapi air terjun.

Berjarak 50 Km dari kota Makassar terdapat obyek wisata yang sangat terkenal yaitu Air Terjun Bantimurung. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 15 meter. Airnya jernih dan sejuk serta memiliki arus yang sangat deras sepanjang tahun.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com